Perayaan Paskah 2021 di Sulut Lancar dan Aman, Gubernur Olly Sebut Kedatangan Kapolri di Manado Bukti Sinergitas

Manado, MANADONEWS.co.id.- Dalam rangka menjamin dan menciptakan rasa aman bagi umat Kristen melaksanakan ibadat Trisuci yakni Kamis Putih, Jumat Agung hingga ibadah perayaan Paskah 2021, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaksanakan kunjungan kerja di Kota Manado.Kedatangan Kapolri di jemput langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama unsur Forkopinda Sulut di ruang VIP bandara Sam Ratulangi Manado.

Upaya dan gerak cepat Pemerintah pusat dan daerah untuk mencegah aksi teroris dan memberikan rasa aman dan nyaman, sangat terliat jelas dan patut diancungi jempol.

Pasca aksi teroris di Gereja Katolik Katedral Makassar, pemerintah terus melakukan identifikasi dan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan serta meminimalisir keserahan masyarakat khususnya umat nasrani dalam melaksanakan ibadah Jumat Agung 2021.

Dikatahui  bahwa wilayah Provinsi Sulawesi Utara(Sulut) adalah salah satu daerah di Indonesia yang di kenal dan diakui dengan Kerukunan dan Toleransi Agamanya.

Guna memastikan kondisi itu tetap terjamin, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw terus berupaya  meminimalisir keresahan umat nasrani dalam melakukan Ibadah Tri Suci yakni Kamis putih Jumat Agung hingga ibadah perayaan Paskah 2021 dengan aman.

Baca Juga:  Walikota Minta Kinerja Kadis Perhubungan Lebih di Cerdaskan

Dalam menyambut rangkaian ibadah Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah di Sulut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama pejabat utama Polri dan TNI melaksanakan kunjungan kerja di Manado, Kamis (1/4/2021) lalu.

Adapun kunjungan kerja Kapolri bersama itu untuk melihat langsung kondisi keamanan dan memastikan kenyamanan umat Nasrani melaksanakan ibadah Kamis Putih, Jumat Agung hingga Perayaan Paskah.

Sebagai bukti sinergitas pemerintah pusat dengan daerah, Gubernur Olly Dondokambey mendampingi langsung Kapolri saat berada di Manado.Salah satu lokasi yang di kunjungi adalah gereja Katolik Hati Tersuci Maria Katedral Manado dan GMIM Paulus Manado.

“Kedatangan Kapolri jelang perayaan Paskah 2021 merupakan bukti Sulut adalah salah satu laboratorium toleransi bermasyarakat dan beragama di Indonedia patut dipertahankan.”kata Olly saat itu.

Olly Dondokambey menambahkan salah satu modal dan simbol keamanan adalah kerukunan seluruh komponen masyarakat.

“Kedatangan Kapolri untuk melihat dan beribadah di Manado, merupakan satu kebanggaan seluruh masyarakat Sulut sekaligus kepercayaan pemerintah pusat yang patut dipertahankan.”tandas Gubernur Olly Dondokambey sambil mengajak tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, TNI dan Polri untuk bersatu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga:  MANUMPIL: Daerah Harus Menjadi Sutradara Pelopor Pembangunan

Dalam kesempatan itu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kedatangan dan kehadirannya di kota Manado guna melihat secara langsung persiapan pengamanan jelang perayaan Tri Suci tahun 2021.

“Saat ini saya ingin memastikan bahwa kegiatan perayaan mulai dari misa Kamis Putih, Jumat Agung, dan Minggu Paskah berjalan dengan baik,” katanya.

Dia menuturkan bahwa umat Kristen di Sulut khususnya Kota Manado tidak terganggu dengan aksi teror di Makassar, dimana Polri akan mengungkap sampai tuntas pelaku hingga ke akar-akarnya.

“Saya patut mengapresiasi kegigihan Pemerintah Provinsi Sulut dibawah kemimpinan Gubernur Olly Dondokambey bersama Forkopimdan termasuk TNI-Polri  yang secara masiv dan konsisten dalam menjaga toleransi bermasyarakat dan beragama.”tandas Kapolri.

Sejak memimpin Sulut, Gubernur Olly Dondokambey tetap menjaga harmonisasi dan sinergitas dengan pemerintah pusat,unsur Forkopimda serta seluruh organisasi kemasyarakatan dalam menciptakan kondusifitas bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas beribadah.

Kondisi kerukunan bermasyarakat dan beragama yang tercipta di Sulut, menjadikan daerah ini mendapat apresiasi pemerintah pusat bahkan diakui dunia.

Baca Juga:  Absah, Pemprov Sulut Raih Predikat WTP ke- 5

Adapun kedatangan dan kunjungan kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama pejabat utama Polri dan TNI di Manado itu, didampingi langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang dan para tokoh lintas agama di Sulut.(Adve)