Empat Indikator Mencapai Masyarakat Adil dan Makmur menurut Adji Samekto

Yogyakarta, Manadonews.co.id – Ada 4 indikator untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa menurut FX. Adji Samekto, Deputi Pengkajian dan Materi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Hal ini dikatakan Adji Samekto pada Sarasehan Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila pada Generasi Milenial di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (5/4/2021).

“Empat indikator itu adalah terjaminnya pangan, sandang, papan, adanya jaminan kesehatan, adanya jaminan untuk melaksanakan kegiatan kerohanian bagi seluruh rakyat Indonesia, dan kesempatan untuk menikmati kehidupan yang baik dalam lingkungan hidup,” jelasnya.

Terkait dengan kehidupan beragama di Indonesia, Adji pun menambahkan, pendidikan agama di Indonesia secara keseluruhan memerlukan juga studi relasi antar umat beragama.

“Selain pendidikan tentang ketuhanan, dengan peruntukan diwujudkan dalam hal-hal konkrit, seperti kerja sama mengembangkan UMKM, koperasi, yang sifatnya lintas agama,” terang Adji.

Acara diikuti 85 peserta, terutama dari kalangan mahasiswa ini dibuka oleh Rektor UMY, Gunawan Budiyanto, dan pengarahan diberikan oleh Kepala BPIP, Yudian Wahyudi serta oleh Haedar Nashir (Ketua Umum PP Muhammadiyah).

Baca Juga:  Adji Samekto: Mengajarkan Pancasila bukan dengan Cara Dogmatik dan tidak Menekan

Turut hadir sebagai narasumber FX. Adji Samekto (Deputi Pengkajian dan Materi BPIP), M. Najib Azca (Sosiolog Universitas Gadjah Mada), dan Zuly Qodir (Direktor Program Doktor Politik Islam – Ilmu Politik (UMY).

(JerryPalohoon)

Tags: