Dapat Ide dari UTD Kapal Amerika, RSUP Kandou Gelar Aksi Donor Darah Karyawan

Manado – Demi memenuhi kebutuhan stok darah, Unit Tranfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Dr. R.D Kandou Manado, Rabu (7/4/2021), di lobi kantor pusat administrasi, melaksanakan aksi donor darah.

Peserta donor darah adalah karyawan dan masyarakat umum.

Kepala UTD RSUP Kandou, dr. Steven Lapian, mengatakan sebagai pekerja kesehatan wajib memberi contoh kepada masyarakat mendonorkan darah dan sesuai ketentuan rumah sakit setiap 2 sampai 3 bulan dilakukan donor darah untuk menghidupi unit transfusi darah.

“Kami UTD melakukan aksi donor darah rutin setiap 2 atau 3 bulan agar stok darah yang dibutuhkan 50 kantong per hari bisa terpenuhi. Kita harus menghidupi unit transfusi darah, diharapkan pekerja kesehatan di RSUP Kandou bisa memberi diri dalam setiap aksi donor darah,” kata dokter Steven.

Dia menambahkan, aksi donor darah RSUP Kandou mendapat ide dari UTD Kapal Amerika yang mendapat stok darah dari karyawan kapal.

“Ide dari Kapal Amerika UCC Mercy, diterima oleh Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Kandou, dr Jeheskiel Panjaitan, yang memang rutin melakukan donor darah,” tukasnya.

Baca Juga:  Trend Budidaya Bunga Turut Mendorong Sektor Usaha Pembuatan Pot dan Rak Bunga Minimalis

Melalui aksi donor darah diharapkan semakin banyak karyawan RSUP Kandou dan masyarakat dengan kerelaan dan antusias yang tinggi mau mendonorkan darah.

“Mendonorkan darah bisa membantu warga yang membutuhkan, karena setetes darah yang anda donorkan sangat berarti bagi hidup orang lain,” jelas dokter Steven.

Sementara, Moses Rompas, SH, salah-satu karyawan RSUP Kandouw, mengaku rutin mendonorkan darah menyehatkan tubuh.

“Saya rutin mendonorkan darah, sekarang sudah ketiga kali,” ujar Moses Rompas.

Diketahui, kegiatan donor darah yang dilakukan UTD RSUP Kandou berlangsung selama 3 hari. Hari pertama ini terkumpul 15 kantong darah.

(Ben)