Menpan-RB Kunjungi Sulut, Gubernur Olly Lobi Penambahan Guru! Tjahjo Kumolo: Sudah Ditampung

Manado, MANADONEWS –
Gubernur Olly Dondokambey memaparkan kondisi angkatan kerja ASN Pemprov Sulut di hadapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Senin (12/4).

Khusus di bidang pendidikan, Olly mengakui cukup memprihatinkan. Pasalnya, dari 10.000-an angkatan kerja ASN Pemprov Sulut, terdapat 6000 berstatus THL di mana sebagian besar adalah guru.

“Karena sejak pelimpahan kabupaten/kota provinsi penanganan SMA, sangat kekurangan guru SMA. Rata-rata guru di tiap SMA/SMK tinggal dua yang berstatus ASN,” ungkapnya.


Apalagi, lanjutnya, di daerah kepulauan, guru ASN hanya satu orang yakni kepala sekolah. Selebihnya THL. “Itu di tingkat provinsi, apalagi di tingkat kabupaten/kota. Karena APBD kabupaten/kota belum mencukupi, gaji THL-nya belum bisa dibayar sesuai UMR (Rp3.700.000),” tuturnya.

Olly pun melobi ke Menpan-RB untuk penambahan guru ASN di Sulut beserta di kabupaten/kota.

“Kami sangat mengharapkan, THL-THL yang ada di kabupaten/kota, baik guru SD, SMP, SMA bisa diikutsertakan dalam program perekrutan guru yang ada di Kemenpan-RB. Dalam rangka meningkatkan pendidikan di daerah-daerah perbatasan kita. Apalagi di Talaud, Sangihe, Siau dan di Bolaang Mongondow Raya,” pintanya.

Baca Juga:  Nayodo Terima Tim Evaluasi dan Validasi SAKIP

Lobi Gubernur Olly pun direspon Menpan-RB Tjahjo Kumolo. “Sudah ditampung,” singkatnya.

Diketahui, Tjahjo Kumolo melakukan kunjungan kerja di Manado, Sulawesi Utara, pada Senin (12/04). Kunker ini dilakukan untuk percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi pada Pemprov Sulawesi Utara.

Sulawesi Utara didorong untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan keberhasilan pembangunan nasional. Upaya ini dilakukan melalui implementasi kebijakan Kementerian PANRB.

Kebijakan tersebut antara lain penyederhanaan birokrasi, sistem kerja berbasis digital, manajemen ASN, dan memperbaiki kualitas pelayanan publik. Pertumbuhan investasi merupakan penggerak dalam roda perekonomian negara, sehingga Kementerian PANRB terus berupaya meningkatkan pelayanan publik utamanya pada pemerintah daerah yang langsung bersentuhan kepada masyarakat.

Pemerintah melalui Kementerian PANRB berkomitmen untuk terus memperhatikan efektivitas pencapaian tujuan organisasi pemerintahan. Menteri Tjahjo berharap Pemprov Sulawesi Utara dapat bersinergi dengan Kementerian PANRB untuk menyukseskan pelaksanaan reformasi birokrasi sehingga visi dan misi Presiden Joko Widodo dapat tercapai.(***)