Olly Lobi Menteri PAN RB Tjhatjo Kumolo, Minta Tambah PNS Guru

Manado – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey melancarkan lobi ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB), Tjahjo Kumolo.

Menteri PAN RB mengadakan kunjungan kerja di Provinsi Sulut, Senin (12/4/2021).

Olly katakan agar Sulut mendapat jatah lebih untuk formasi PNS Guru.

“Kehadiran pak menteri membawa harapan lebih baik bagi kita, harapan aparat pemeintahan di Sulut mendapat perhatian besar dari Kemen PAN-RB dalam rangka peningkatan SDM dan peningkatan sumber angkatan kerja,” kata dia.

Olly curhat soal kondisi Sulut, sejak mendapat pelimpahan kewenangan penanganan SAMA/SMK, rupanya Sulut kekurangan guru PNS.

“SMA-SMK rata-rata guru PNS hanya 2 orang, apalagi yang di kepulauan cuma kepala sekolahnya yang PNS, selebihnya THL (Tenaga Harian Lepas),” katanya.

Gubernur meminta agar ada perhatian khusus ke THL agar bisa diikutsertakan dalam program perekrutan di Kementerian PAN RB.

Olly mengatakan, THL di Pemprov diberikan honor Rp 3,3 juta sesuai Upah Minimum Regional (UMR), namun THL di kabupaten/kota sudah untung diberikan honor Rp 1 juta, hal ini karena keterbatasan APBD kabupaten / kota. 

Baca Juga:  Sulut United Rekrut Pelatih Kiper Asal Persis Solo

Tjahjo Kumolo, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) mengadakan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara.

Tjahjo Kumolo hadir di Kantor Gubernur Sulut, Senin (12/4/2021).

Menteri PAN RB memberikan ceramah, motivasi, arahan dan bimbingan kepada para jajaran PNS Pemprov Sulut.

Gubernur Olly bersama Wagub Steven Kandouw dan Forum Komunikasi pimpinan Daerah, termasuk sejumlah kepala daerah.

Gubernur mengatakan, kegiatan ini dalam rangka peningkatan kualitas kinerja pemerintahan dan mewujudkan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemda Provinsi, Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulut.(ferdinandranti)