Korban Kebakaran di Mitra Bakal Terima Bantuan RTLH dari Dinsos Sulut

MANADONEWS –
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Rinny Tamuntuan memimpin penyaluran bantuan bagi korban kebakaran di Kelurahan Wawali, Kecamatan Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Selasa (13/4).

Bantuan berupa kebutuhan dasar dan perlengkapan rumah tangga. “Sebab ini juga menjadi tanggung jawab kami pemerintah provinsi, begitu juga dengan Dinas Sosial Kabupaten Mitra. Ini bentuk kepedulian kami,” ungkap dr Rinny.

Selain kebutuhan dasar dan perlengkapan rumah tangga tersebut, pihaknya juga berencana akan memberikan bantuan lain lewat program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Sementara untuk realisasi bantuan tersebut masih harus dipersiapkan administrasinya, yakni berupa proposal.

“Namun karena kejadian ini baru maka untuk bantuan RTLH bantuan ini nanti diupayakan di APBD Perubahan. Ini juga akan disesuaikan dengan bantuan dari pihak kabupaten, mungkin uang tunai sebesar 5 juta rupiah,” pungkasnya.

Bantuan RTLH menurutnya, merupakan program prioritas Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, yaitu Rumah Sederhana (RS-RTLH).

“Saat ini ada 4 unit bantuan yang akan diberi di area Pusomaen. Walau untuk RTLH ini masih dipersiapkan SK Gubernur, namun sudah ada tim yang turun lakukan verifikasi,” jelasnya.

Baca Juga:  Penuhi Gizi Warga Kampung Kibay, Satgas Yonif 713/ST Bagikan Bubur Kacang Hijau

Selain korban kebakaran ini, dirinya mengungkapkan bahwa Pemprov Sulut juga memberikan bantuan bagi korban longsor di Desa Kalait, Kecamatan Touluaan Selatan.

“Kami juga memberikan bantuan untuk korban longsor, berupa beras, makanan, dan apa yang dibutuhkan para korban,” tutupnya.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan bagi korban bencana kebakaran, yakni Camat Ratahan, Arce Kalalo, dan jajaran Dinsos Mitra.(***)