Kata Caroll Senduk Era Digital Harus Bisa Dimafaatkan Pelaku UMKM

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menghadiri dan membuka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) 2021, sekaligus sebagai narasumber, Kamis (15/4).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado itu, dilaksanakan di Hotel Villa Emitta Tomohon.

Caroll Senduk mengatakan kegiatan bertujuan memberdayakan dan meningkatkan kapasitas masyarakat, khususnya pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan Infrastruktur telekomunikasi yang ada secara optimal.

“Kita hadapi perubahan zaman dengan cara- cara baru, manfaatkan aplikasi dengan baik, sekreatif mungkin untuk meningkatkan ekonomi meski pandemi masih berlangsung,” ujarnya.

Diharapkan ke depan para peserta pelatihan bukan hanya UMKM saja tetapi lebih luas lagi bagi kalangan usaha dan masyarakat luas yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, karena dalam situasi saat ini, sebagian besar pegiat usaha dan UMKM terdampak oleh pembatasan fisik dan sosial karena masih berbasis pada usaha konvensional atau offline.

Baca Juga:  RK Menguat Posisi Cawabup TW Terganjal Aturan

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPSDMP Kominfo Manado Christiany Juditha, S.Sos. M.A., Plt. Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi (Narasumber) dan Kepala Dinas Komunikasi & Informatika Kota Tomohon Novi Politon. S.E., M.M. (Narasumber).

Peserta pelatihan adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan yang menjadi pengajar juga narasumber Digital Entrepreneurship Academy di Kota Tomohon yaitu dari Universitas Katolik De La Salle Loureine Sumual, S.E., M.F.M. dan Thomas Suwanto, S.Kom., M.M. serta Kepala Cabang Bank Mandiri Tomohon Maya Mawei, S.E.