Gubernur Sulut Keluarkan Surat Edaran Larangan Mudik

  • Whatsapp

Manado, MANADONEWS –
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengeluarkan surat edaran (SE) tentang peniadaan mudik hari raya lebaran dan upaya pengendalian Covid-19 selama bulan suci ramadhan.

SE dengan nomor: 400/21. 2451 / Sekr.Ro-Hukum, ditujukan kepada bupati/wali kota selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kabupaten/kota se-Sulut.

SE disusun dengan maksud mengatur pembatasan mobilitas masyarakat dan mengoptimalisasi fungsi Posko Covid-19 di desa/kelurahan, selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Tujuannya, melakukan pemantauan, pengendalian dan evaluasi mencegah peningkatan penularan Covid-19.

Dalam SE tersebut, peniadaan mudik berlaku mulai 6-17 Mei mendatang. Adapun sanksinya, akan dikenakan denda, sanksi sosial, dan atau pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sebelumnya, Gubernur Olly menegaskan pihaknya siap menindaklanjuti instruksi pusat dalam rangka memutus rantai covid-19. Diketahui, pemerintah pusat terlebih dahulu melakukan pelarangan mudik yang tertuang dalam Surat Edaran (SE)Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H.

Baca Juga:  Pejabat Eselon III dan IV Sulut Kembali Dirombak

“Itu protokol standar. Kebijakan pemerintah pusat menjaga penyebaran covid-19. Dan kita harus melakukan sesuatu untuk memutus rantai covid-19,” kata Olly usai rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah  (Forkopimda) di Kantor Gubernur Sulut, Kamis (30/4).

Olly menegaskan, pihaknya akan tak segan mengambil langkah tegas dalam menjalankan aturan tersebut. Namun begitu, kata Olly, ini pihaknya akan mengambil langkah-langkah persuasif.

“Sosialisasi terkait larangan mudik dan melakukan open house saat lebaran terus dilakukan oleh pemerintah,” terangnya.

Terkait hasil rapat, beber Olly, masih akan ditindaklanjuti. “Kita akan rapat bersama stekholder terkait dan semua pihak pada pekan depan, untuk langkah-langkah yang akan diambil,” tandasnya.(Youngky)

Pos terkait