Apel Kebangsaan Perkuat Nasionalisme dan Semangat Kebhinnekaan

Manado – Memperkuat rasa kebangsaan Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Apel Kebangsaan di halaman AKP Bryan Tatontos, SIK Mapolda Sulut, Selasa (4/5/2021).

Apel dipimpin Kapolda Sulut, Irjen Pol Nana Sudjana, mengusung tema “Dengan Semangat Kebhinnekaan, Kita Tingkatkan Soliditas Menuju Indonesia Maju dan Sehat”.

Apel dihadiri Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, para PJU Polda, Kepala Kesbangpol Sulut Evans S. Liow, Kasrem 131/Stg Kolonel Arm Frangky Watuseke, Ketua MUI Sulut KH ABD Wahab Abd Gafur. Apel diikuti juga oleh perwakilan pasukan dari Polri, TNI, Satpol PP, serta organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan.

“Saya selaku Kapolda Sulut mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Apel Kebangsaan ini. Tujuan dilaksanakan pelaksanaan apel kebangsaan ini untuk menguatkan rasa nasionalisme, menguatkan rasa NKRI bersama-sama dan untuk mengingatkan seluruh anak bangsa bahwa kebhinnekaan yang ada di Indonesia adalah kekuatan utama untuk menjaga kedaulatan negara,” ujar Kapolda.

Kegiatan apel kebangsaan ini lanjutnya, akan menjadi penyampai pesan penting bahwa masyarakat harus bergerak bersama merawat kebhinekaan dan ke-Indonesiaan ditengah ancaman perpecahan yang disebabkan oleh paham radikalisme dan sifat intoleransi.

Baca Juga:  Operasi Patuh Samrat 2019 Resmi Dimulai Hari Ini

 “Saya mengajak agar terus bekerja sama untuk merajut kemajemukan dalam jalinan persaudaraan sesama anak negeri, mencegah dan menghindari permusuhan, pertikaian dan perpecahan, agar terjaga kerukunan serta tersokong kemajuan yang pada akhirnya akan terawat persaudaraan demi terwujudnya kesejahteraan yang merata di seluruh negeri,” jelas Nana Sudjana.

Polisi katanya tidak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan peran serta semua elemen masyarakat untuk menjaga kebhinekaan.

“Kita semua harus merasa bertanggung jawab dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif sesuai dengan bidang dan profesi masing-masing untuk menjaga persatuan dan kesatuan agar tetap utuh sebagai bangsa yang besar,” pesan mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Pada kesempatan itu juga, Kapolda mengajak kepada seluruh peserta apel agar bersama-sama melakukan pencegahan covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan 5M.

“Yakinlah dengan semangat kebersamaan kita mampu mengatasi segala krisis yang ada. Mari kita bersama-sama untuk mendukung kebijakan pemerintah guna menekan angka penyebaran covid-19 di wilayah Provinsi Sulut,” tandas Kapolda.

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Kebangsaan oleh perwakilan peserta apel, diawali oleh Kapolda Sulut. (Ben)

Baca Juga:  Delegasi koresel kunjungi Tomohon.