Dapatkan Konsep Hunian Aman dan Nyaman Bagi Keluarga di Kota Manado

  • Whatsapp

Manado, ManadoNews.co.id – Rumah merupakan tempat dimana Anda menghabiskan banyak waktu bersama keluarga, kerabat maupun teman. Memiliki rumah yang di idam-idamkan adalah harapan setiap orang banyak penawaran menarik dari setiap developer. Untuk itu alangkah baiknya kita memutuskan pengambilan keputusan yang cerdas dalam memilih rumah idaman kita.

Berikut ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru. Hal yang pertama adalah menentukan lokasi, pilihlah lokasi perumahan di daerah yang sedang berkembang namun masih berada didalam wilayah kota sehingga memiliki keuntungan investasi yang besar. Selain itu lokasi harus memiliki kemudahan akses jalan dan terintegrasi dengan fasilitas-fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, airport, pusat perbelanjaan, taman, dan lain- lain.

Untuk daerah Manado salah satu lokasi yang disarankan adalah di kecamatan Mapanget karena kawasan tersebut sudah memiliki fasilitas yang disebutkan, kecamatan Mapanget juga telah ditetapkan pemerintah sebagai kawasan untuk proyek pengembangan Kota Baru. Tidak lupa juga untuk mendatangi lokasi langsung untuk di survey hal ini penting untuk melihat apakah lokasi perumahan yang dipilih itu sudah siap huni atau masih dalam pematangan lahan (indent), bukan tanah timbunan dan bebas dari bencana alam (banjir, longsor, letusan gunung,dll).

Baca Juga:  Polda Sulut Naik Tipe A, Marpaung Apresiasi Perjuangan Dondokambey

Jika sudah siap huni Anda bisa melihat posisi rumah, apabila Anda ingin mencari posisi unit yang dipojok atau hook supaya bisa memiliki kelebihan tanah. Hal penting berikutnya adalah harga, Anda harus bertanya apakah harga sudah termasuk dengan PPN 10 persen, BPHTB, juga biaya pemasangan air dan listrik. Selain itu pentingnya juga Anda bertanya apakah pengembang sudah memiliki kerja sama dengan bank, jika Anda hendak membeli dengan cara bayar melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Semakin banyak bank yang bekerja sama dengan pengembang maka semakin baik, karena itu menjadi bukti bahwa pengembang tersebut
adalah pengembang yang terpercaya. Kemudian Fasilitas Yang Tersedia pilihlah perumahan yang menyediakan fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan anda. Contoh jika anda hobi berenang dan berolah raga pilihlah perumahan yang menyediakan kolam renang, sports club, jogging track, atau fasilitas olah raga lainnya. Lalu jika Anda memiliki anak yang masih kecil pilihlah perumahan yang menyediakan kids play ground.

Penting juga untuk Anda tanyakan ke pihak pengembang apakah fasilitas yang mereka sediakan itu dibuka untuk umum atau ekslusif untuk penghuni. Fasilitas yang ekslusif tentunya akan membuat penghuni merasa privasinya lebih terlindungi dan akan merasa lebih nyaman untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Baca Juga:  Kejati Sulut Imbau Remaja GMIM Jadi Agen Perubahan Bidang Hukum

Keamanan juga adalah hal yang terpenting untuk membeli rumah yang aman. Bukan hanya aman dalam hal keamanan dalam menghuni lokasi perumahan, namun juga harus aman dalam aspek legalitas. Yang dimaksud dengan legalitas adalah surat – surat dan perijinan. Tanyakan pada pihak
pengembang apakah dokumen perijinan telah lengkap (ijin lokasi, perolehan tanah, dokumen lingkungan, pengesahan site plan, IMB, dll) atau masih dalam proses. Begitu juga dengan status sertifikat apakah sudah splicing atau masih sertifikat induk. Sertifikat yang sudah splicing bisa segera dibalik nama ketika Anda telah melunasi pembayaran.

Semoga tips di atas dapat membantu anda memiliki rumah baru impian. Untuk Anda yang mencari rumah di daerah Manado dan sekitarnya, Griya Maleosan Indah hadir untuk memenuhi harapan akan sebuah rumah impian. Datang ke lokasi dan buktikan sendiri.

Pos terkait