Dilakukan Presiden Joko Widodo, Bupati ROR Ikuti Launching LDN secara Daring

  • Whatsapp

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring mengikuti kegiatan Peluncuran Literasi Digital Nasional (LDN), bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 Tahun 2021 secara daring dari Rumah Dinas Bupati, Sasaran Tondano, Kamis (20/5).

Presiden RI Ir. Joko Widodo yang melakukan peluncuran berharap banyak atas penyelenggaraan program Literasi Digital Nasional.

Bacaan Lainnya

Apalagi dia menilai saat ini tantangan di ruang digital semakin besar yakni konten-konten negatif yang terus bermunculan.

“Saya berharap gerakan ini menggelinding dan membesar serta terus melakukan kerja konkrit dan makin cakap memanfaatkan internet untuk edukatif dan produktif,” kata presiden.

Presiden menyampaikan tantangan di ruang digital semakin besar, sangat besar. Konten-konten negatif terus bermunculan, kejahatan di ruang digital terus meningkat. Hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga:  Pilbup Minahasa, Sembel: Soliditas Terjaga Non Koalisi Langkah Bijak untuk Kewibawaan Partai

“Kewajiban kita bersama untuk terus meminimalkan konten negatif, membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif. Banjiri terus, isi terus dengan konten-konten positif. Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik, yang menyejukkan, yang menyerukan perdamaian,” tandas Presiden.

Sementara itu Bupati Royke Roring berharap literasi digital ini akan terus dikembangkan di Kabupaten Minahasa meski diakui ada beberapa lokasi belum terjangkau jaringan internet namun diupayakan terus pembangunan sarana dan prasarananya.

“Literasi digital ini penting untuk dapat berpartisipasi di era modern ini,” ujarnya usai mengikuti Peluncuran Literasi Digital Nasional dengan Tema Indonesia Makin Cakap Digital itu.

Peluncuran disaksikan Kepala daerah di 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten dan turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.

Yunita Rotikan

Pos terkait