Jalur Kereta Api Manado-Bitung Tunjang KEK

  • Whatsapp

Manado, MANADONEWS –
Sulawesi Utara (Sulut) akan memiliki jalur kereta api. Proyek ini adalah bagian program yang dirancang oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Eksekusi proyek jalur kereta api Manado-Bitung dengan panjang 42 kilometer saat ini sedang disosialisasikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

Bertempat di Grand Whiz Hotel Boulevard Manado, Dinas Perhubungan Provinsi Sulut menggelar kegiatan Sosialisasi Jalur Kereta Api Lintas Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (27/5).

Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Deasy Wantania menuturkan, untuk mendukung tupoksi dari Dinas Perhubungan sesuai dengan Permendagri no 90 tahun 2019 yaitu melakukan sosialisasi perkeretaapian di daerah.

“Kalau sebelumnya kewenangan perkeretaapian itu ada di Pemerintah Pusat, untuk saat ini kewenangan itu dapat dilakukan di daerah tetapi baru sebatas sosialisasi dan kesempatan ini peran itu kita ambil. Di mana pada tahun 2016 Pemprov Sulut sudah menetapkan master plan Jalur Kereta Api Manado-Bitung,” terang Wantania.

Kata Lynda, proyek ini didukung pembangunan 5 stasiun pemberhentian yaitu di Manado, Airmadidi, Girian, Bitung kota dan Bitung Pelabuhan, untuk menunjang transportasi yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung.

Baca Juga:  SAS hadir di Ibadah Natal Tiberias

“Untuk mewujudkan Sulawesi Utara sebagai destinasi unggulan dengan kawasan ekonomi khusus dan kawasan industri yang sedang dipersiapkan Pemerintah, rasanya konektifitas transportasinya belum lengkap jika sektor transportasi perkeretaapian tidak ada di dalamnya,” tuturnya.

Dia menambahkan, dokumen jika studi kelayakan sudah dimiliki maka untuk membangunan segala fasilitasnya dapat  ditawarkan melalui APBN atau ke pihak swasta untuk proses pembangunannya.

“Karena itu kami dari Dinas Perhubungan harus memastikan dokumen-dokumen studi kelayakan itu terlebih dahulu untuk dipersiapkan,” tukasnya.

(Youngky)

Pos terkait