RSUD ODSK, Helipad Hingga 376 Ranjang

  • Whatsapp

Manado, MANADONEWS –
Pengguntingan pita Gubernur Olly Dondokambey menandai dibukanya pengoperasian RSUD ODSK, Rabu (9/6).

Banyak fasilitas di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara ini. Mulai ratusan ranjang untuk pasien hingga landasan untuk helikopter.

Meinilik laporan Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo, RSUD ODSK merupakan insiasi Olly Dondokambey dan Steven Kandouw sebagai upaya mengoptimalkan kemampuan daerah dalam menyehatkan keluarga.

Sesuai dengan singkatan “Optimalisasi Daerah Sehatkan Keluarga”, RSUD ini merupakan kobaran semangat untuk menyehatkan keluarga Sulut.

Kehadiran RSUD ODSK menjadi rumah sakit rujukan pelayanan kesehatan Sulut.
Luas lahan sebesar 38.800 meter dengan luas bangunan 29.695. Tinggi bangunan 12 lantai termasuk helipad.

Saat ini semua pasien yang berobat dilakukan swab antigen. Pelayanan tahap awal meliputi Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan poliklinik. Poliklinik meliputi penyakit dalam, gigi, kulit dan kelamin, THT jantung, mata, anak, kebidanan dan kandungan, neurologi, jiwa, bedah, ginjal serta poliklinik fisioterapi.

Di samping itu, pelayanan kebidanan dan kandungan, pelayanan kesehatan anak, serta pelayanan hemodialisa. Pelayanan ini akan terus bertambah seiring dengan penambahan fasilitas kedepan.

Baca Juga:  Pemerhati Lingkungan Bolmong Minta Pengusaha Galian C Disungai Poigar Diproses Hukum

Fasilitas total tempat tidur sebanyak 376 tempat tidur yang akan ditingkatkan secara bertahap dalam beberapa bulan kedepan. Termasuk menyiapkan pelayanan unggulan di bidang ginjal dan hipertensi.

Peningkatan fasilitas pelayanan sarana dan prasarana serta serta SDM kesehatan/non kesehatan penunjang akan terus ditingkatkan secara berkesinambungan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

RSUD ODSK juga menyiapkan klinik mobile yang memberikan pelayanan kesehatan masyarakat di 15 kabupaten/kota.

Ada juga fasilitas telemadicine sebagai bentuk pelayanan kesehatan spesialistik kepada masyarakat yang berintegrasi dengan program Solusi Sulut Sehat (3S) Pemprov melalui Dinkes Sulut. Program ini akan dikembangkan menjadi layanan kesehatan satelit untuk membantu petugas Puskesmas.

Dalam sambutannya Gubernur Olly Dondokambey mengatakan rencana pembangunan RSUD ODSK direncanakan dan dibangun pada saat belum ada Pandemi Covid-19.

“Tapi ini jadi suatu harapan bagi kita sehingga masyarakat Sulut bisa mendapatkan pelayanan hari ini maupun di hari yang akan datang,” ujar gubernur.

Dia mengatakan pihaknya menargetkan pada Tahun 2021 ini pekerjaan pembangunan keseluruhan rumah sakit ini segera rampung.

Baca Juga:  'Mitra Hebat Bergerak Cepat' Belum Maksimal Gerbong JS-JL Terapkan ABS

“Untuk sementara operasional rumah sakit ini sudah mulai boleh melayani masyarakat sehingga manfaat untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat mulai dirasakan karena sudah hampir 80% masyarakat Sulawesi Utara di cover oleh BPJS,” kata gubernur.

(Youngky)

Pos terkait