Kata Wali Kota Caroll Senduk, Pemkot Pacu Perluasan Usaha Tanaman Krisan

  • Whatsapp

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk, SH diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakot Ir. Enos A. A Pontororing, M.Si membuka Sosialisasi dan Bimtek Riset Pengembangan Inovatif Kolaborasi (RPIK), Jumat (11/6).

Dalam sambutan yang dibawakan Pontororing, Wali Kota mengatakan Pemerintah Kota Tomohon memacu perluasan usaha tanaman florikultura krisan dataran tinggi dengan peningkatan kapasitas SDM.

Bacaan Lainnya

“Seperti melalui sosialisasi dan bimbingan teknis saat ini serta bekerjasama dengan direktorat buah dan florikultura, balai penelitian tanaman hias, BPTP Sulut,” kata Wali Kota.

Lanjut Wali Kota, Pemerintah Kota Tomohon memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Balai Penelitian Tanaman Hias Kementan RI dan para Nara sumber yang berbagi ilmu untuk peningkatan kesejahteraan petani bunga.

Kegiatan ini mengambil tema ‘Produksi Benih dan Bunga Krisan Berbasis Kawasan dan Berorientasi Ekspor.’

Baca Juga:  Ibadah Awal Tahun, JWS Ungkap Pengalaman Pimpim Minahasa

Adapun yang akan dibahas dalam Bimtek yakni kelembagaan, baseline survey, pendampingan petani/ penangkar benih, display teknologi perbenihan dan produksi berbasis gap / ekspor, produksi benih sumber, aplikasi zpt dan pemupukan, penelitian aplikasi PGPR, penelitian perbanyakan benih in vitro dan in vivo, penelitian deteksi dan eliminasi virus, konstruksi smart green house (oleh bb mektan), rehabilitasi screen house di show window oleh bb mektan serta temu lapang Kegiatan RPIK menggunakan dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) Kementan RI yang ditujukan untuk menunjang pengembangan krisan (produksi benih dan bunga krisan) berbasis kawasan berorientasi ekspor.

Kegiatan dihadiri Kepala pusat penelitian dan pengembangan hortikultura balitbang Kementan RI dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Kementan RI dr. Rr. Muhamad Thamrin, Penanggung jawab kegiatan RPIK dr. Fitri Rahmawati dan tim penelitian riset dari puslitbang hortikultura, balithi dan balai besar mekanisasi pertanian, Kepala BPTP Sulut dr. Stevie Karouw, Kadistanak Sulut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakot Tomohon Ir. Enos Pontororing, M.Si, Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon serta petani tanaman hias di Kota Tomohon.

Baca Juga:  CS - WL Tandatangani Pakta Integritas Patuhi PKPU Nomor 13 Tahun 2020

Yunita Rotikan

Pos terkait