Informasi Penting! Kemenkes ‘Sidak’ RSUP Kandou

  • Whatsapp

Manado – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, melalui Direktorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Rujukan, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Utara untuk melakukan survei di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. RD. Kandou Manado, Jumat (18/6/2021), terkait kesiapan rumah sakit dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Direktur Utama RSUP Kandou, Dr. dr. Jimmy Panelewen, Sp.B, KBD, menyambut baik kedatangan tim survei dari Kemenkes. Berbagai komponen pendukung data yang bisa di-back up untuk mempertanggung jawabkan pengisian self assessment disiapkan.

Bacaan Lainnya

“Selamat datang di Manado bagi rekan-rekan dari Kemenkes yang akan melakukan tugas di RSUP Kandou. Kami akan membantu memberikan data dan informasi yang benar kepada tim survei Kemenkes.  

Kami menyiapkan komponen yang bisa di-back up, mempertanggung jawabkan pengisian self assessment kita mengenai daftar tilik kesiapan rumah sakit menghadapi lonjakan pasien Covid-19,” jelas Dirut Panelewen.

Baca Juga:  Akhirnya,Presiden Jokowi Restui Pasukan Elit TNI Bantu Polri Tuntaskan Terorisme

Dirut Palenewen menambahkan, dari sisi ‘space’ RSUP Kandou sudah siap. Januari 2021 RSUP Kandou memilki 282 tempat tidur khusus pasien Covid -19.

“Namun, karena terjadi penurunan jumlah kasus, sementara pasien non covid mulai meningkat, jumlah tempat tidur dikurangi menjadi 166, tetapi yang 282 selalu siap,” tambah Panelewen.

Sementara Koordinator Sub Direktorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI, dr. Sunarto, yang didampingi dr. Hentje, mengatakan visitasi Kemenkes bukan untuk menilai RSUP Kandou.

“Kehadiran kami (Kemenkes) di sini sama sama kita menyamakan persepsi kesiapan rumah sakit. Kita akan melihat penerapan protokol kesehatan di RSUP Kandou seperti rawat jalan, ruang tunggu dan IGD screaning. Data juga kami akan lihat, ruang isolasi kami tidak akan masuk tapi kalau ada CCTV kami akan lihat,” ujar Sunarto.

Di akhir kegiatan, Direktur SDM Pendidikan dan Umum, Dr. dr. Ivonne Rotty, M.Kes, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI yang sudah melakukan survei di RSUP Kandou.

Baca Juga:  Persi Sulut Gelar Rapat Persiapan Pencegahan dan Penatalaksaan Covid-19

“Semoga RSUP Kandou ke depanya semakin jaya dan selalu mempertahankan mutu pelayanan, berharap pandemi Covid-19 akan segera berlalu dan kita semua selalu diberkati serta dalam perlindungan Tuhan yang maha Esa,” kata Ivonne Rotty.

Turut hadir Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP Kandou, dr. Jeheskiel Panjaitan, Ketua Komite Medis, Dr. dr. David Kaunang, SpA.(K), dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado diwakili Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr. Jemmy Lalita, M.Kes. (Benyamin)

Pos terkait