Penghargaan Sekolah Penggerak untuk Manado Diserahkan Kepala LPMP Sulut, Ini Manfaatnya

  • Whatsapp

Manado, MANADONEWS –
Penghargaan Sekolah Penggerak Angkatan Pertama tahun 2021 diserahkan Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Febry H. J. Dien kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Jumat (18/6).

Penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) diterima Wali Kota Manado Andrei Angouw dalam kegiatan Apreasiasi Pendidikan Kota Manado.

Adapun untuk Sulut saat ini ada tiga kabupaten dan kota yang masuk program Sekolah Penggerak. Masing-masing, Manado, Bitung dan Bolaang Mongondouw Timur.

“Program Sekolah Penggerak ini akan menjadi sarana untuk menampung ide-ide dari guru dan kepala sekolah tentang bagaimana membangun sekolah ideal,” kata Febry Dien.

Dijelaskannya, sekolah yang masuk dalam program ini akan mendapatkan intervensi dari kementerian.

“Jadi masuk di semua lini, nantinya tidak ada yang namanya murid dan gurunya bagus namun gedung sekolahnya tidak, begitu juga sebaliknya,” tuturnya.

Lebih lanjut, kepala sekolah yang punya kualitas baik, berdedikasi, dan berkemauan tinggi akan dipilih dan ditetapkan menjadi Kepala Sekolah Penggerak.

“Sekolah Penggerak lahir untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sekaligus pemerataan mutu pendidikan lewat intervensi kepada sekolah-sekolah terpilih untuk transformasi dari dalam,” tuturnya.

Baca Juga:  Hamili Gadis 16 Tahun, Lelaki Asal Ranoako Diamankan Polisi

Diketahui, Kemendikbud Ristek melalui Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan menengah, terus melakukan perubahan dengan basis infrastruktur yang hebat.

“Sekolah Penggerak dilaksanakan pada semua kondisi sekolah. Baik yang di bawah, tengah, dan atas, semua kita intervensi. Sekolah Penggerak pada akhirnya akan menggerakkan sekolah-sekolah lain di sekitarnya,” ujar Dien.

Menurutnya, program ini sangat menguntungkan sekolah yang ikut. Pasalnya, sekolah-sekolah akan dibimbing untuk menerapkan model-model belajar yang menarik peserta didik.

Baca Juga:  Eman Buka kegiatan Science Film Festival 2018

“Ada bantuan operasional bagi sekolah untuk membeli buku. Selain itu, sekolah juga bisa membuat perencanaan berbasis data. Dengan dilatih pelatih ahli, para kepala sekolah dan guru makin hebat, peserta didik juga makin hebat, dan hasil belajar lebih tinggi,” katanya

Dia menambahkan, Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) sekolah. “Kualitas siswa diukur dengan hasil belajar dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, kondusif, dan menyenangkan,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Andrei Angouw berharap agar penghargaan tersebut dapat memotivasi para guru untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak di Kota Manado.

“Mari jadikan penghargaan ini sebagai motivasi bagi kita untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak yang akan menjadi masa depan bangsa,” tukasnya.

(Youngky)

Pos terkait