RPJMD Sangat Penting, Wali Kota Tomohon Tekankan Hal Ini

  • Whatsapp

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menghadiri rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka Mendengarkan Penjelasan Wali Kota Tomohon mengenai Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2021-2026, bertempat di ruang rapat DPRD, Rabu (21/7).

Dipaparkan Wali Kota, sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD pada pasal 69 ayat 1 kepala daerah menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang RPJMD kepada DPRD untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan bersama DPRD dan kepala daerah terhadap rancangan peraturan daerah tentang RPJMD.

“Saya selaku Wali Kota Tomohon menyampaikan apresiasi kepada DPRD Kota Tomohon yang telah mengagendakan rapat paripurna DPRD. RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yang disusun secara bersama-sama dengan pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing dengan mengintegrasikan dokumen perencanaan lainnya, serta dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki daerah yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan sesuai dengan dinamika perkembangan daerah dan nasional,” ujar Wali Kota.

Kata Wali Kota, RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun.

Baca Juga:  Beragam Lomba Warnai Pembukaan HUT Bolmong

“Tahapan yang dilakukan dalam penyusunan dokumen RPJMD meliputi: penyusunan rancangan teknokratik RPJMD, penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS), penyusunan rancangan awal RPJMD, penyusunan naskah akademik RPJMD, konsultasi publik, musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) RPJMD, perumusan rancangan akhir RPJMD, dan penetapan,” urainya.

Senduk menguraikan kembali lima (5( misi dalam rangka visi CSWL ”Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera,” yakni menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius, peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor, menjadikan tomohon sebagai kota wisata dunia, memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, mewujudkan pelayanan pemerintah yang bersih, efektif dan berintegritas,

“Besar harapan kami kiranya sinergitas yang baik antara pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat dapat terjalin demi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Saya mengajak seluruh lembaga dan komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Visi Kota Tomohon, meskipun saat ini kita sedang berada dalam kondisi yang kurang baik sebagai dampak dari pandemi covid-19, kita harus semakin bersatu, bekerjasama, untuk membangun Kota Tomohon yang kita cintai,” tuturnya.

Wali Kota meminta kepada seluruh pejabat dan kepala perangkat daerah bekerjasama dan bersatu padu dalam penyempurnaan dokumen RPJMD tahun 2021-2026 berdasarkan fungsi masing-masing.

Baca Juga: 

“Diingatkan juga agar dalam menjalankan program dan kegiatan senantiasa mengacu dengan arah dan kebijakan serta program yang akan ditetapkan dalam dokumen rpjmd ini, serta turut berkontribusi dalam memberikan evaluasi kinerja daerah berdasarkan data-data yang akurat sesuai dengan tanggung jawab, tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah. sehingga RPJMD kota tomohon tahun 2021-2026 dapat dikatakan sebagai hulu dari seluruh alur pelaksanaan pembangunan yang wajib dijadikan pedoman bagi seluruh stakeholders yang terkait dengan pembangunan di Kota Tomohon.

RPJMD Kota Tomohon ini nantinya juga akan menjadi pedoman bagi seluruh perangkat daerah di lingkup pemerintah Kota Tomohon untuk merumuskan dokumen rencana strategis (renstra) perangkat daerah tahun 2021-2026. yang kemudian akan dijabarkan setiap tahun dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), rencana kerja (Renja) perangkat daerah tahun berkenaan, KUA-PPAS sampai pada penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun berkenaan.

“Kami optimis bahwa rencana pembangunan lima tahun kedepan ini nantinya secara nyata bersentuhan langsung dengan masyarakat, bermanfaat bagi masyarakat, sehingga sangatlah diperlukan adanya komitmen dari kita semua baik pihak eksekutif maupun legislatif untuk dapat mewujudkan suatu tekad yakni bekerja secara proposional, profesional, inovatif dengan akuntabilitas yang tinggi dengan tidak mementingkan diri maupun kelompok serta menjamin terselenggaranya pelayanan kepada masyarakat dengan menggunakan sumber daya secara optimal, bertanggung jawab, serta dalam menentukan program dan kegiatan agar senantiasa sejalan dengan perencanaan pembangunan strategis lima tahun ke depan,” kataya.

Baca Juga:  Lalu Lintas Lancar, Wabup Sitaro Apresiasi Kepemimpinan Royke - Robby

Kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon atas nama jajaran pemerintah kota tomohon, Wali Kota menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk peran positif pihak legislatif yang nantinya akan melaksanakan pembahasan terkait rancangan peraturan daerah (Ranperda) RPJMD kota tomohon tahun 2021-2026 dengan meningkatkan peran semua pemangku kepentingan, termasuk masyarakat dalam pengelolaan pembangunan daerah dengan mengembangkan pembangunan partisipatif, sinergitas, transparan dan akuntabel.

“Kepada seluruh kepala perangkat daerah diharapkan untuk memberikan perhatian dan prioritas terhadap pembahasan-pembahasan yang memintakan kehadiran perangkat daerah, agar proses pembahasan ranperda RPJMD kota tomohon ini dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditetapkan dan disepakati bersama, yang tentunya juga di dasari sesuai dengan aturan yang berlaku,” tukasnya.

Pada kesematan ini Senduk menyerahkan Ranperda tentang RPJMD Kota Tomohon 2021-2026 kepada Ketua DPRD Kota Tomohon untuk dibahas.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Djemmy Sundah S.E., didampingi Wakil Ketua Drs. Johny Runtuwene, DEA. Ikut hadir dalam rapat Wakil Ketua DPRD Erens Kereh, AMKL. secara virtual, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si., para anggota DPRD baik secara langsung maupun lewat virtual, dan jajaran Pemkot Tomohon.

Pos terkait