Top Abis! Andrei Angouw Awasi Langsung Pengerukan Anak Sungai Tikala

  • Whatsapp

Manado – Hujan lebat sering menyebabkan banjir di sejumlah kawasan Tikala terutama sekitar SPBU hingga depan kantor perpustakaan.

Bacaan Lainnya

Walikota dan Wakil Walikota Manado, Andrei Angouw dan Richard Sualang, sudah sering turun lapangan dan menyaksikan langsung kondisi kawasan ketika terjadi banjir.

Dari hasil analisa bahwa penyebab banjir adalah volume anak sungai Tikala tak mampu menampung debit air saat hujan deras.

Faktor lainnya, sistem drainase tak memadai dan sampah yang menunjuk di parit menghalangi aliran air mengakibatkan air meluber ke jalan protokol dan sejumlah kawasan pertokoan dan pemukiman.

Walikota Andrei Angouw dan Wawali Richard Sualang langsung bergerak cepat, dibuktikan Rabu (21/7/2021) pagi, langsung mengerahkan satu unit ekskavator melakukan pengerukan anak sungai dan drainase.

“Langkah awal kami lakukan dengan pengerukan, selanjutnya nanti pelebaran anak sungai dan drainase, serta perbaikan sistem aliran air melalui parit-parit yang terhubung langsung ke anak sungai,” jelas Walikota Andrei Angouw.

Baca Juga:  Bupati Joune Ganda Terima Penghargaan REI SULUT AWARDS 2021

Meski demikian, Andrei Angouw mengingatkan masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Karena sebaik apapun sistem pengairan dibuat pemerintah tapi jika masyarakat terbiasa membuang sampah sembarangan, sampah yang menutupi drainase akan menyebabkan banjir,” tandas Andrei Angouw yang pada kesempatan tersebut didampingi Sekkot Micler Lakat, Kadis PUPR John Suwu dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (JerryPalohoon)

Pos terkait