Mewakili Bupati Minahasa, Tumundo Buka Digital Talent Scholarsip 2021

  • Whatsapp

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi membuka secara resmi pelaksanaan Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Standar Kopentensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Teknologi Informasi Komunikasi Vocational School Graduate Academy 2021 yang digelar oleh Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado, bertempat di Hotel Yama Resor Tondano, Senin (9/9).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala BPSDMP Kominfo Manado Drs Darsa Jaya Hedar MAP, Sekretaris Dinas Kominfo Minahasa Anneke Rantung SE, Kepala Bidang TIK Diskominfo Sepdy Tumengkol ST, Kepala Bidang E-government Diskominfo Gogen Ngantung SE dan Ketua Panita Pelaksana Marthen Rondonuwu ST, menampilkan Nara Sumber Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Minahasa Dr Arodi Tangkere MAP dan Kepala Kantor Telkom Tondano Djoni Tege ST serta para Instruktur dari Politeknik Negeri Manado.

Sedangkan para peserta adalah lulusan SMK dan Diploma III bidang Teknologi Informasi Komunikasi.

Dalam sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan oleh Kadis Kominfo Agustivo Tumundo mengapresiasi akan kegiatan yang diprakarsai oleh BPSDMP Kominfo ini yang bertujuan memberikan pelatihan dan sertifikasi berbasis standar kompetensi kerja nasional (SKKNI) bagi para peserta yang memiliki latar belakang pendidikan TIK, sehingga boleh tercipta SDM yang berkualitas dan berdaya saing khususnya di Kabupaten Minahasa.

Baca Juga:  Lomban Buka FGD Penyusunan Perda Pengurangan Sampah Plastik

“Di era revolusi industri 4.0 saat ini, internet bukan lagi menjadi barang mahal. Kita melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan hadirnya e-commerce, online media, online travel dan jaya tranportasi, sehingga perkembangan ekonomi digital di Indonesia terus naik dari tahun ke tahun,” urai Bupai melalui Agustivo Tumundo.

Lanjut Bupati, ekonomi digital di era revolusi industri 4.0 ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi pelaku usaha, baik itu usaha mikro, kecil dan menengah untuk menembus pasar dengan memotong jalur distribusi produk hingga ke konsumen.

“Lewat teknologi digital, pelaku usaha UMKM di Indonesia dapat meningkatkan akses ke pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan pendapatan, membuka akses baru ke pasar luar negeri, transaksi lebih mudah dengan pelanggan dan pemasok, dan biaya periklanan atau pemasaran yang lebih murah, tukasnya.

Imbuhnya, kualitas SDM menjadi isu hangat dan penting dalam mendukung tranformasi digital.

“Langkah serius dilaksanakan secarah masif oleh Pemerintah sebagaimana wujud percepatan tranformasi digital, di antaranya dengan penyiapan kebutuhan SDM talenta digital,” ucapnya.

Baca Juga:  Gubernur dan Mendikbud Bagikan Kartu Indonesia Pintar di Minut

Bupati berharap melalui kegiatan Digital Talent Scholarship (DTS) Vocational School Graduate Academy (VSGA) tahun 2021 di kabupaten Minahasa ini akan tercipta para generasi talenta digital yang berkualitas dan berdaya saing, yang juga dapat mewujudkan visi Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera.

Pos terkait