Bupati Minut Panen Perdana Ikan Air Tawar Pokdakan Sehati, Optimis Jadi Solusi Pertumbuhan Ekonomi

  • Whatsapp

Minut, MANADONEWS.co.id  – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, panen perdana budidaya ikan air tawar milik Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sehati, di Kelurahan Rap-Rap, Kecamatan Airmadidi, Rabu (11/08/2021).

Bupati Joune dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas inovasi yang telah dikembangkan Pokdakan Sehati, menurutnya ada beberapa hal positif yang bisa dihasilkan dalam budidaya ini,

“Selain dapat memberdayakan masyarakat, budidaya ikan air tawar ini juga dapat mendorong kembali ekonomi ditengah pandemi serta dapat mengembangkan potensi budidaya ikan tawar di Kabupaten Minahasa Utara,” terangnya.

Untuk itu Bupati berharap, Pokdakan Sehati ini bisa menjadi contoh bagi kelompok-kelompok yang lain agar dapat mengoptimalkan potensi di daerah masing-masing.

“Kabupaten Minahasa Utara memiliki beragam potensi alam yang bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga bisa menjadi nilai jual untuk meningkatan perekonomian di masa pandemi seperti ini,” terangnya.

Dalam kesempatan, Bupati Joune yang didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. Jan Sinaulan, ikut menjaring ikan dikolam air deras sebanyak 3,5 Ton sebagai tanda panen perdana Pokdakan SEHATI.

Baca Juga:  Bupati dan Wabup Minut Terima Vaksinasi Tahap Dua, Imbau Warga Jangan Takut di Vaksin

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jan Sinaulan saat dikonfirmasi menjelaskan, ada keunggulan pembudidayaan ikan nila dikolam air deras.

“Dari laporan yang disampaikan ketua Pokdakan Sehati, keuntungan usaha ikan di kolam air deras hanya memerlukan waktu 3 bulan untuk panen, jika dibudidayakan di kolam air biasa memakan waktu sampai 4,5 bulan untuk dipanen,” ungkap Sinaulan kepada media ini

Selain itu Pokdakan Sehati ini sudah bekerjasama dalam hal pemasaran dengan perusahaan yang ada di Ambon dan Maluku.

“Jadi hasil panen ikan nila langsung dipasarkan ke luar daerah, namun jika ada kelebihan panen maka akan dijual di pasar Airmadidi dan sekitarnya,” jelasnya.

Ketua Pokdakan Sehati Johan Noldy Awuy, mengungkapkan rasa terima kasih atas kehadiran Bupati Joune Ganda dan jajaran serta dalam panen perdana tersebut.
(Advetorial)

Pos terkait