Bahaya kalau Peringatan Walikota Andrei Angouw Diabaikan, Ini Kondisi Terakhir Jalan Bethesda

  • Whatsapp

Manado – Jalan Bethesda di Kecamatan Sario berstatus jalan nasional merupakan salah-satu ruas padat kendaraan di Kota Manado.

Bacaan Lainnya

Dipenuhi banyak bangunan pemerintah seperti perkantoran dan rumah sakit, serta kantor perusahaan swasta, setidaknya telah mempengaruhi sistem drainase di kawasan tersebut.

Ruas ini dalam beberapa tahun terakhir jadi langganan genangan air ketika hujan deras meskipun tak lama.

Pemerintah melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV, menindaklanjuti melalui pembangunan drainase.

Pemerhati kota, Ventje Bilusajang, mengingatkan agar proyek drainase dilakukan secara baik mengutamakan perencanaan matang untuk pemanfaatan jangka waktu lama.

“Artinya, pembangunan drainase di ruas berstatus jalan nasional mutlak mengutamakan kualitas. Pembangunan berasas manfaat bukan orientasi proyek,” jelas Ventje Bilusajang kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Kamis (12/8/2021).

Dia menambahkan, pembangunan infrastruktur jalan termasuk drainase perlu perencanaan matang karena berhubungan dengan proyek PLN, PDAM, perusahaan telekomunikasi dan proyek instansi lainnya.

Baca Juga:  Pemkab Bolsel Ikuti Pameran Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi

“Biasanya proyek drainase berhubungan dengan pengaspalan jalan kemudian. Kebiasaan buruk, sering jalan atau drainase yang sudah dibangun dibongkar karena ada proyek lain dari PLN, Telkom dan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah),” tukas Bilusajang.

Mantan aktivis anti korupsi ini, menyentil penyampaian Walikota Andrei Angouw kepada pelaksana teknis untuk menjalin koordinasi pada setiap pembangunan infrastruktur.

“Bahaya kalau peringatan bapak Walikota diabaikan, akibatnya akan terjadi pembangunan tambal sulam,” tegas dia.

Sebelumnya, Walikota Andrei Angouw mengingatkan agar pembangunan infrastruktur di Kota Manado termasuk di Jalan Bethesda memerlukan koordinasi baik antar instansi pemerintah kota, BPJN, PLN dan instansi teknis lainnya.

“Artinya ini berkaitan dengan perencanaan. Setiap pembangunan infrastruktur perlu koordinasi baik agar hasil dari suatu pekerjaan sesuai harapan yang berdasarkan pada asas manfaat,” kata Andrei Angouw akhir Juli lalu. (JerryPalohoon)


Pos terkait