Ferdy Sondakh Bacakan Teks Proklamasi Upacara HUT RI

  • Whatsapp

Sangihe, MANADONEWS –
Wakil Ketua DPRD Sangihe Ferdy Sondakh didapuk untuk menjadi pembaca teks proklamasi dalam peringatan HUT ke-76 RI di halaman Rumah Jabatan Bupati, Selasa (17/8).

Sondakh terlihat terlihat khidmat membacakan teks proklamasi. Dia tampak memakai setelan jas serta celana hitam disertai kemeja putih dan dasi berwarna merah.

Tak lupa, peci hitam, khas proklamator Ir Soekarno. Ya, selama menjadi presiden, ada atribut busana unik yang dikenakan Bung Karno, yakni peci hitam.

Peci hitam yang selalu dipakai Bung Karno memiliki filosofi tersendiri. Yang menjadi alasan pemilihan peci sebagai ‘teman outfit’ Bung Karn.  Tak lain karena peci merupakan simbol dari rakyat kecil pada saat itu. Peci adalah tutup kepala yang sering dipakai oleh rakyat pribumi, bukan oleh raja, petinggi ataupun bangsawan pada saat itu.

Pun peringatan detik-detik pembacaan teks proklamasi diawali dengan dibunyikannya sirene.


“Proklamasi, kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia,” demikian kutipan teks Proklamasi yang dibacakan Ferdy Sondakh.

Baca Juga:  Lho Koq...ASN Tomohon Pakai Batik Senin - Kamis?

Sebagai wakil rakyat dia berharap HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 menjadi momentum pemberi semangat bagi masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid-19.

“Mari kita bergandeng tangan dan bekerjasama untuk bangkit dari keterpurukan, namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus ini,” tutur Sondakh.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengajak masyarakat untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI. “Saya mengajak masyarakat untuk menghargai kemerdekaan yang sudah diperjuangkan pahlawan-pahlawan bangsa. Salah satunya dengan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

(Youngky)

Pos terkait