Kata Wali Kota Tomohon, Dapodik Sumber Data Utama Pendidikan Nasional

  • Whatsapp
Sekdakot Tomohon Edwin Roring saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan mewakili Wali Kota

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Fakta perubahan dan dinamika masyarakat yang terus bergerak di era globalisasi, menjadikan problematika dan tantangan yang harus dihadapi oleh dunia persekolahan makin rumit dan kompleks.

“Sekolah tidak hanya dituntut untuk mampu melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, tetapi juga diharapkan dapat menciptakan generasi bangsa yang cerdas secara emosional dan spiritual,” tutur Wali Kota Caroll Senduk, SH dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Edwin Roring, S.E., M.E, pada Kegiatan Pelatihan Operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kota Tomohon Tahun 2021 secara virtual dari Command Center Mall Pelayanan Publik, Rabu (25/8).

Bacaan Lainnya

Atas dasar itu, kata Wali Kota, sistem pendidikan harus mampu menghadirkan suatu instrumen terukur sebagai basis data dalam kebijakan pendidikan yang tepat.

“Data pokok pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan indonesia yang cerdas dan kompetitif,” terangnya.

Baca Juga:  Gubernur Dorong Segera Selesaikan Proses Ganti Rugi Tanah TBBM Bitung

Dapodik merupakan urat nadi sekolah, sebab di dalamnya, semua pendataan peserta didik dan data lainnya yang berhubungan dengan semua kebijakan sektor pendidikan seperti bantuan operasional sekolah (BOS), aneka tunjangan guru, bantuan sarana dan prasana serta lainnya diambil dari situ.

“Pemerintah terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan pendidikan dengan kebijakan yang terbuka guna membentuk karakter dan pengembangan potensi yang ada di setiap diri siswa,” imbuhnya.

Lanjutnya, Pemkot Tomohon juga berkomitmen untuk terus memberikan penghargaan kepada tenaga operator sekolah berupa sharing pendanaan untuk pembayaran tunjangan operator melalui pos belanja daerah.

“Ini adalah komitmen kami untuk mewujudkan merdeka belajar, tidak hanya bagi anak didik dan guru, tetapi juga bagi tenaga administrasi dan tenaga operator sekolah,” tuturnya.

Dijelaskannya, Pemkot Tomohon terus berupaya menerapkan kebijakan yang dapat menghantarkan pendidikan di daerah menjadi semakin terarah dan fokus pada pembangunan generasi yang cerdas dan berkarakter. kami berkomitmen menyelenggarakan pendidikan yang merata, demokratis dan berkeadilan, menuju tomohon yang maju, berdaya saing dan sejahtera.

Baca Juga:  Komite II DPD Bertandang, Senduk Sodorkan Tema Bunga Krisan dan TIFF

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para nara sumber dan kepada panitia pelaksana kegiatan. kepada para peserta pelatihan saya berharap agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga melalui pelatihan operator sekolah akan dapat meningkatkan kapasitas dalam pemanfaatan dapodik sebagai basis data yang akurat dan lengkap,” kuncinya.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 25-26 Agustus itu menampilkan narasumber dari Tim Teknis Dapodik Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Jihan Aziz dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara Febri Dien, S.T., M.Tech.

Peserta yaitu Para Kepala Sekolah TK, SD dan SMP Se- Kota Tomohon serta seluruh operator Dapodik TK, SD dan SMP se- Kota Tomohon.

Hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr. Juliana Karwur, M.Kes., M.Si., Inspektur Kota Tomohon Jeane Bolang, S.H., M.H. dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi, M.A.P.

Pos terkait