Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaMinahasa

ROR – RD Dengarkan Arahan Presiden terkait Kinerja TPID Guna Kendalikan Inflasi

×

ROR – RD Dengarkan Arahan Presiden terkait Kinerja TPID Guna Kendalikan Inflasi

Sebarkan artikel ini
Bupati Royke Roring

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si dan Wakil Bupati, Dr. (H.C) Robby Dondokambey, S.Si secara daring mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang dibuka Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara, Rabu (25/8).

Dalam arahannya Presiden menekankan empat hal penting kepada Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) termasuk para kepala dan wakil kepala daerah yang mengikuti Rakornas tersebut.

MANTOS MANTOS

Jokowi meminta agar menjaga TPIP dan TPID menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga terutama bahan pokok apalagi di tengah kondisi daya beli masyarakat turun.

“Harga bahan pangan sangat penting kalau ada hambatan segera selesaikan harus banyak kerja di lapangan mencari tahu kendala yang ada baik kendala produksi maupun distribusi,” kata presiden.

Baca Juga:  Walikota serahkan Bantuan bagi Kaum Disabilitas Di Tomohon

Selain itu TPIP dan TPID diminta tidak hanya fokus mengendalikan inflasi saja tapi proaktif mendorong sektor ekonomi yang tumbuh produktif dengan memantu produktifitas petani nelayan dan perkuat sektor UMKM agar bertahan dan naik kelas.

Wakil Bupati Robby Dondokambey

Presiden juga menginstruksikan agar dapat memanfaatkan pandemi untuk meningkatkan nilai tambah sektor pertanian sebagai sektor unggulan yang melibatkan banyak tenaga kerja.

“Kita wajib bersyukur karena di masa pandemi ini perekonomian negara semakin membaik tapi tetap harus menjaga kewaspadaan. Di kuartal kedua Tahun 2021 mampu tumbuh 7,07 persen year on year dan inflasi terkendali di angka 1,52 persen year on year. Di kuartal ketiga 2021 kita harus tetap waspada dan hati-hati mengatur keseimbangan kesehatan dan ekonomi, menghentikan penyebaran Covid-19 tetap harus dikerjakan dikendalikan. Masyarakat yang rentan hrs kita lindungi. Daya beli harus kita tingkatkan dorong sisi demand sehingga bisa menggerakan pertumbuhan ekonomi,” papar Presiden.

Example 120x600