Olly Dondokambey Menteri, Ferry Liando: Posisi Wakil Gubernur semua Parpol Pengusung Punya Hak yang Sama

  • Whatsapp

 

Manado – Olly Dondokambey dikabarkan akan dipercayakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menduduki salah-satu pos menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Bacaan Lainnya

Jika benar Olly Dondokambey akan dilantik sebagai menteri maka yang akan menggantikan posisi Olly Dondokambey sebagai gubernur adalah wakil gubernur.

Kemudian posisi wakil gubernur tidak diisi melaui Pilkada langsung namun hanya akan dipilih oleh DPRD Sulut.

Menurut dosen politik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Ferry Daud Liando, jika masa periodisasi lebih dari 18 bulan maka posisi wakil gubernur harus diisi.

Liando membandingkan dengan posisi wakil bupati Sangihe tidak perlu diisi karena masa jabatan tidak mencapai 18 bulan sampai akhir masa jabatan pada 2022.

“Dalam pemilihan wakil gubernur, semua Parpol pengusung pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) pada Pilkada 2020 lalu, punya hak yang sama,” jelas Ferry Liando kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga:  Puncak JMS, Upaya Pemerintah Tanamkan Kesadaran Hukum Generasi Muda

Ferry Liando menjelaskan perbedaan antara Parpol pengusung dan Parpol pendukung.

Parpol pengusung adalah Parpol yang memiliki kursi di DPRD. Parpol-Parpol ini bisa mengusung pasangan calon kepala daerah.

“Sedangakan Parpol pendukung adalah Parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD tapi bisa ikut menyatakan dukungan. Tapi Parpol pendukung tidak bisa mengajukan calon,” tandas Liando.

Ferry Liando menambahkan, warga Sulut patut bersyukur Presiden Jokowi memberikan kesempatan lagi kepada putra Sulut masuk jajaran kabinet.

Namun, kebanggaan tersebut harus dijawab dengan memajukan pembagunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sangat wajar jika putra Sulut dapat bagian karena Sulut merupakan salah satu daerah prosentase tertinggi memilih Jokowi pada Pilpres 2019 lalu,” pungkas Ferry Liando.

Diketahui, pada Pilkada 2020 lalu, pasangan ODSK diusung 4 Parpol, yakni PDI Perjuangan, Gerindra, PKB dan PSI, ditambah PPP dan Perindo sebagai Parpol pendukung.

(JerryPalohoon)

 

Pos terkait