Mayjen TNI Sulaiman Agusto Jabat Pangdam XII/ Tanjungpura

  • Whatsapp

Jakarta, MANADONEWS.co.id- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi terhadap 150 perwira tinggi (pati), termasuk penjabat Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) dan Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura.

“Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/816/IX/2021 tanggal 13 September 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan sebanyak 150 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 89 Pati TNI AD, 27 Pati TNI AL dan 34 Pati TNI AU,” demikian dikutip dari rilis resmi Pusat Penerangan TNI, Kamis (16/9/2021).

Mutasi ini disebut dilakukan “Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis”.

Sejumlah posisi penting mengalami pergantian pejabat. Di antaranya, posisi Wakasau, yang sebelumnya dijabat oleh Marsekal Madya TNI Fahru Zaini Isnanto, akan diisi oleh Marsekal Muda TNI A. Gustaf Brugman, yang sebelumnya menjabat Asisten Personel Panglima TNI.

Fahru Zaini sendiri digeser menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

Baca Juga:  Pelealu: Kami Secara Serentak Lakukan Tes Wawancara Calon PPL

Selain itu, posisi Pangdam Tanjungpura akan diisi oleh Mayjen TNI Sulaiman Agusto, yang sebelumnya menjabat Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Komandi Pendidikan dan Latihan TNI AD.

Pejabat sebelumnya, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, digeser menjadi Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Selain kedua posisi itu, pergeseran jabatan tinggi terjadi pada Staf Khusus Panglima TNI. Pati baru yang masuk lingkaran dekat Hadi ini antara lain Letjen TNI Tiopan Aritonang, yang sebelumnya menjabat dari Komandan Pendidikan dan Latihan TNI; Mayjen TNI Herianto Syahputra, yang sebelumnya merupakan Perwira Staf Ahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI;

Brigjen TNI Alfatoni, yang sebelumnya menjabat Pa Sahli Tk. II Bid. Banusia Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI; Brigjen TNI Sofian Chandra, dari posisi Pa Sahli Tk. II Wassus Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI;

Laksamana Muda TNI Isbandi Andrianto, S.E., M.M. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Sahli Panglima TNI; Marsekal Muda TNI Hari Pramono, yang sebelumnya Pa Sahli Tk. II Poldagri Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI; serta Marsekal Muda TNI M. Veronica Tig, yang sebelumnya menjabat Kapoksahli Kodiklatau.

Baca Juga:  Kursi DPR-RI Sulut, Olly : PDI-P Target 4

Di luar lingkaran Panglima, ada pula mutasi di posisi Kodiklat TNI. Tiopang, yang jadi Staf Ahli Panglima, digantikan oleh Mayjen TNI Madsuni, yang sebelumnya menjabat Asisten Teritori Panglima TNI.

Posisi Aster TNI dijabat oleh Mayjen TNI Sapriadi, yang sebelumnya menjabat Wadanjen Akademi TNI.(*/ReginaTS)

Pos terkait