Kontingen Sulut Tampil Memukau pada Pembukaan PON 2021

Papua, MANADONEWS –
Opening Ceremony PON XX Papua 2021 berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10).

Hadir secara langsung, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka kegiatan ini

Bacaan Lainnya

Jalannya pembukaan berlangsung spektakuler. Saat parade atlet mulai memasuki lapangan, upacara pembukaan PON XX Papua 2021 pun makin meriah.

Tak ketinggalan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tampil memukau.

Dengan baju merah dan celana hitam, kontingen Sulut menyapa para hadirin dengan tarian Masamper.

Tepuk tangan pun menyambut tamu dari bumi nyiur melambai tersebut.

Kontingen Sulut dipimpin Komandan Pangkalan TNI AU Lanud Sam Ratulangi (Danlanud Sri) Manado Marsma TNI Mohamad Satryo.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey juga hadir dalam acara pembukaan. Kehadirannya juga ikut memberikan dukungan kepada para atlit.

Gubernur Olly bersama Ketua KONI Sulut Drs Steven Kandouw, saat acara pembukaan di panggung kehormatan.

Baca Juga:  Peduli Peningkatan Taraf Pendidikan Masyarakat Minsel, Bupati CEP Tinjau Pelaksanaan UN Paket C

Sebelumnya, tarian tradisional Selamat Datang khas Papua mengawali upacara pembukaan PON XX Papua 2021. Parade atlet yang ikut menari sambil mendengar lantunan musik. Mereka melakukan itu sambil membawa bendera provinsi masing-masing.

Parade ini menampilkan para atlet dari provinsi paling barat Indonesia hingga paling timur. Artinya, Papua ditempatkan di urutan paling akhir.

Para atlet tampil dengan mengenakan jaket berwarna seragam yang menunjukkan identitas daerahnya masing-masing bernyanyi dan sesekali berlompat-lompat. Mereka melambaikan tangan, topi, dan atribut lain kepada penonton yang mengisi sebagian kapasitas stadion.

Terasa istimewa ketika parade atlet memasuki bagian Papua. Seketika lagu pengiring langsung berubah menjadi lagu lokal. Kemudian, kamera mengarah ke orang nomor satu Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi dengan menggunakan jaket PON XX Papua 2021 ikut berdiri dan melambaikan tangan ke para atlet. Sesekali, Jokowi juga terlihat menari-nari kecil sebagai ekspresi kegembiraannya.

Sementara itu, delapan atlet legenda asal Papua masuk ke tengah lapangan sambil membawa bendera PON dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021.

Baca Juga:  Tiga Daerah BMR "Kuasai" Penghargaan Terbaik Penyaluran Dandes 2018

Mereka adalah Lisa Rumbewas (Angkat Besi), Benny Maniani (Tinju), Erni Sokoy (Dayung), Maria Londa (Atletik), Kartika Monim (Voli), Melly Mofu (atletik), Rully Nerre (Sepak Bola), dan Imanuel Daundi (Pencak Silat).

Setelah itu, dilanjutkan dengan pengibaran bendera dari 34 Provinsi di Indonesia. Kemudian, acara dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya.

(Nando)

Pos terkait