Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaEkonomi & BisnisManadoPemerintahanSulawesi Utara

Revino Pepah Optimis Bohusami Perempuan Hebat Topang Perekonomian Sulut

×

Revino Pepah Optimis Bohusami Perempuan Hebat Topang Perekonomian Sulut

Sebarkan artikel ini

Manado, MANADONEWS –
Bank SulutGo (BSG) meluncurkan layanan Layanan Tabungan “Bohusami Perempuan Hebat”.

Peluncuran ditandai dengan launching oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) RI Bintang Darmawati Puspayoga, Selasa (19/10) di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

MANTOS MANTOS

Suatu terobosan kerja sama segitiga antara BSG serta Dinas P3A dan Dinas Tenaga Kerja Pemprov Sulut ini inovasi dan terobosan untuk membantu perekonomian perempuan. Terutama perempuan Sulut yang menjadi tulang punggung keluarga.

Direktur Utama BSG Revino Pepah mengatakan, tabungan khusus ini memiliki keunggulan mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) tanpa agunan.

“Kemudahan diberikan bahkan dengan bunga 6 persen. Di mana, pinjaman sebesar 1-10 juta diberikan bagi para perempuan hebat yang ada Sulut,” ungkapnya.

Pun, pihak BSG dan Disnakertrans siap melatih para perempuan dan diberikan sertifikat untuk membantu usaha untuk lebih berkembang.

“Diharapkan kerjasama 3 pihak ini baik Dinas P3A, BSG dan Disnakertrans, akan menjadikan semua perempuan yang menjadi tulang punggung dapat berkreasi dan terbantu dalam modal usahanya.

Pepah optimis, layanan Tabungan “Bohusami Perempuan Hebat” mampu membangkitkan perekonomian masyarakat Sulawesi Utara.

“Kami optimis, program ini akan membangkitkan perekonomian, industri kecil dan mikro yang diharapkan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi di Sulut,” pungkasnya.

Baca Juga:  Olly Minta Pejabat Yang Dilantik Jangan Hanya Menuntut Hak

Kepala Dinas P3AD Sulut, dr Kartika Devi Tanos dalam laporannya menyampaikan program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat tersebut dilakukan kerja sama segitiga.

“Pertama pelatihan skil dari Disnakertrans Sulut melalui Balai Pelatihan, kemudian Dinas P3AD Sulut memberikan rekomendasi sesuai spesifik keahlian, dan Bank SulutGo sebagai pihak pemberian kreditnya,” terang Devi.

Ia mengatakan, hadirnya program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat untuk kesataraan gender dan membuka akses perempuan.

“Nantinya ada banyak benefit atau keuntungan lewat tabungan itu. Salah satunya bisa dapat Kredit Usaha Rakyat atau KUR, tanpa agunan. Ini agar perempuan bisa jalankan usahanya lebih baik lagi,” tuturnya.

Menteri P3A RI Bintang Darmawati Puspayoga dalam sambutannya mengapresiasi hadirnya inovasi tersebut karena dapat memberikan kesempatan bagi perempuan dalam meningkatkan perekonomian.

“Apresiasi bagi Bank SulutGo dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulut yang dapat berinovasi menghadirkan program ini,” ungkap Menteri Bintang.

Ia mengatakan, peran pemerintah daerah melalui instansi terkait sangat penting menunjang program Kementrian PPPA.

“Seperti dengan menghadirkan program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat. Ini sejalan dengan arahan lima arahan Presiden Jokowi soal pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan,” ucapnya.

Menurutnya, keberadaan perempuan sebanyak 45% dari penduduk Indonesia akan berpengaruh besar untuk diberdayakan.

Baca Juga:  Resmikan Pasar Rakyat Tombatu, Sumendap: Ini Bukan Ajang Gagahan JS-RK

“Coba bayangkan jika diberdayakan akan mempunyai kekuatan besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,” bebernya.

Menteri PPPA menambahkan, program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat yang melibatkan instansi terkait, Bank SulutGo dan OJK, merupakan kolaborasi yang bermanfaat mendorong kesetaraan gender dan meningkatkan pertumbuhan UMKM yang dikelola oleh kaum perempuan.

“Apalagi program ini ada pinjaman sampai Rp10 juta tanpa anggunan. Ini sangat baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey memberi apresiasi atas kehadiran Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam menjalankan agenda di Provinsi Sulut.

“Ibu Menteri PPPA bisa melihat langsung kondisi di Sulut. Apalagi daerah ini sangat mendorong kesetaraan gender. Banyak kaum perempuan di Sulut memegang jabatan strategis baik rektor, pejabat pemerintahan dan swasta dan lainnya,” jelasnya.

Orang nomor satu di Nyiur Melambai ini memuji ide Dinas P3AD Sulut yang dapat berinovasi menghadirkan Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat.

“Program ini pastinya akan mendorong pertumbuhan UMKM bagi ibu-ibu rumah tangga di Sulut. Apalagi di masa Covid-19 saat ini, banyak suami-suami yang dan tentu akan membantu para istri untuk berusaha lewat program bantuan kredit ini,” tandasnya.

(Youngky)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *