Tandas Bupati FDW, Program Upland Demi dan Untuk Petani

  • Whatsapp
Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar membawakan sambutan

MODOINDING, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky D. Wongkar SH (FDW) menghadiri kegiatan Pencanganan Penanaman Kentang sebagai Program Development of Integrated Farming System in Upland Areas (upland) di Desa Pinasungkulan Utara, Kecamatan Modoinding, Rabu (17/11/2021).

Mengutip pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Bupati FDW mengatakan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, kebijakan nasional dalam RPJMN 2020-2024, khususnya kebijakan pertanian diarahkan untuk mendukung ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi termasuk memperhatikan kesejahteraan keluarga petani dan memperhatikan keberlanjutan sumber daya pertanian.

Bacaan Lainnya

“Dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran pembangunan khususnya di bidang pertanian maka dana pembangunan dapat bersumber dari beberapa pendanaan yang bersifat multiplier effect,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Bupati masih mengutip pernyataan Menteri Limpo, harus ditanamkan semangat untuk dapat mencapai target agar kegiatan ini dapat menjadi success story dengan meningkatkan kapasitas petani dapat menghasilkan banyak inovasi produk-produk hasil pertanian dengan meningkatkan kapasitas petani.

Baca Juga:  PERSONIL MN GELAR PELATIHAN JURNALISTIK.

“Kita berharap banyak inovasi dan produk dapat dihasilkan upland merupakan kegiatan pertanian di dataran tinggi yang komprehensif dari pengembangan on-farm sampai off-farmnya,” harapnya.

Bupati FDW berharap program dapat meningkatkan kapasitas, daya inovasi serta pendapatan petani di daerah dataran tinggi melalui pengembangan infrastruktur lahan dan air, pengembangan sistem agribisnis dan penguatan sistem kelembagaan yang sasarannya infrastruktur peningkatan produktivitas dan ketahanan pangan, peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan kapasitas kelembagaan pertanian yang diperuntukan pada 14 kabupaten yang tersebar di 7 provinsi.

“Kabupaten Minahasa Selatan menjadi salah satu kabupaten dalam proyek upland 2020-2024 dari Kementerian Pertanian,” tukas Bupati.

Turut Hadir Inspektur Minsel F.H. Pandeynuwu, SE, Kepada Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Minsel Frangky Pasla, SE., M.Si. Irban Inspektur Minsel Don Mamesah, SIP, dan Camat Modoinding Harits Lokas, ST dan anggota kelompok tani..

Diketahui pada tanggal 14 Oktober 2021 Bupati FDW bersama Wakil Bupati Petra Y. Rembang memimpin rapat koordinasi dan evaluasi percepatan pelaksanaan program upland di kab. minahasa selatanbersama kelompok tani penerima manfaat.

Baca Juga:  Youla Lariwa Mantik: RR-RD Pasti Menang di Minahasa

Marlon Koraag

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *