Berprestasi di Bidang Budaya dan Olahraga, 2 Tokoh Sulut Terima Penghargaan BPIP

Jakarta, Manadonews.co.id Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menganugerahkan piagam penghargaan kepada 78 putra-putri bangsa yang dinilai berprestasi dalam berbagai bidang, yakni bidang budaya, olah raga dan sains inovasi, hingga bidang penggerak lintas iman.

Menarik, terdapat nama putra-putri daerah Sulawesi Utara yakni Irjen. Pol. Dr. Benny Josua Mamoto, SH, M.Si dan Greysia Polii dalam daftar penerima penghargaan sebagai Ikon Prestasi Pancasila tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Dr. Benny Mamoto yang saat ini menjabat sebagai ketua harian Kompolnas RI, penerima penghargaan dari bidang seni budaya.

Benny Mamoto yang juga sebagai ketua yayasan Institut Seni Budaya Sulawesi Utara, dinilai banyak berkontribusi dalam melestarikan budaya daerah.

Mantan deputi pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) ini, sudah memprakarsai sejumlah budaya daerah dikenal sampai ke mancanegara lewat penghargaan Guinness World Records, antara lain musik bia dengan pemain musik terbanyak, kain tenun pinawetengan terpanjang di dunia, musik kolintang terbesar di dunia dan trompet terbesar di dunia.

Baca Juga:  Bupati Minahasa dan Uskup Manado Resmikan Gereja Katolik Kristus Raja Kembes
Benny Mamoto dan Greysia Polii (Foto Istimewa)

Sementara, warga Sulut lainnya yang menerima penghargaan dari BPIP adalah peraih medali emas ganda putri Olimpiade Jepang 2020 yang diselenggarakan 2021, Greysia Polii.

Bersama pasangannya, Apriyani Rahayu, Greysia Polii dinilai telah memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara lewat kerja keras dan perjuangan pantang menyerah berhasil membanggakan Indonesia dengan meraih satu satunya medali emas Olimpiade 2021.

Diketahui, pemberian penghargaan putra dan putri terbaik Indonesia untuk dijadikan Ikon Prestasi Pancasila. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian dalam menyemarakkan Bulan Pancasila.

Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP, Kemas Akhmad Tajuddin, mengatakan Bulan Pancasila berlangsung sejak 1 Juni 2021 hingga 18 Agustus 2021.

“Pemilihan Ikon Prestasi Pancasila ini setiap tahun kami selenggarakan. Bersifat terbuka bagi berbagai profesi dan seluruh masyarakat di tanah air,” ujar Kemas Akhmad Tajuddin.

(JerryPalohoon)

Pos terkait