Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaSulawesi Utara

Menohok dari Jems Tuuk: Kementerian ESDM Hobi Mengeluarkan Izin bagi Orang Kaya

×

Menohok dari Jems Tuuk: Kementerian ESDM Hobi Mengeluarkan Izin bagi Orang Kaya

Sebarkan artikel ini

Manado – Anggota DPRD Sulut, Ir. Julius Jems Tuuk, mengkritisi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hobi mengeluarkan izin bagi orang kaya.

Hal tersebut menurut Ketua Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Sulut ini, terbukti melalui pencabutan 2.078 izin usaha pertambangan (IUP) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

MANTOS MANTOS

“Menyangkut pencabutan IUP pertambangan, bukti (sebelumnya) negara lebih banyak mengurus orang kaya, kementerian ESDM hobi mengeluarkan izin, bukan suka, tapi hobi, karena orang-orang kaya yang bikin pengajuan,” jelas Jems Tuuk kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Senin (17/1/2022).

Tapi masyarakat biasa yang diatur oleh undang-undang untuk wilayah pertambangan rakyat (WPR) dan izin pertambangan rakyat (IPR), lanjut Jems Tuuk, Kementerian ESDM terkesan tidak suka.

“Kementerian (ESDM) tidak tertarik kaum marhaen, orang miskin, tapi tertarik sekali jika yang mengurus orang kaya,” tegas Jems Tuuk.

Sebagai ketua APRI Sulut, Jems Tuuk mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang mencabut 2.078 IUP.

“Tapi jangan melupakan masyarakat penambang, penambang mineral dan galian C. Pemerintah berikan ruang memberikan misalnya 100 WPR di Sulut atau 500 WPR,” pungkas legislator terbaik peraih penghargaan Forward Award ini.

Perlu diketahui, Kamis 6 Januari 2022 lalu, Presiden Jokowi mencabut 2.078 izin usaha pertambangan (IUP).

Ribuan izin itu dicabut, kata Presiden, karena perusahaan pemegang izin tak pernah menyampaikan rencana kerjanya serta tak menjalankan izin yang telah diberikan.

(JerryPalohoon)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *