Pendengaran Berkurang? Ini Penyebabnya

Manado – Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou kembali mengelar edukasi kesehatan bagi pasien dan keluarga serta pengunjung, diruang Tunggu Poliklinik Bedah, Jumat (04/03/2022).

Kali ini mengambil topik edukasi kesehatan yaitu Gangguan Pendengaran Diakibatkan Kebisingan yang dibawakan oleh dr. Steward Mengko, Sp.THT-KL(K).

Bacaan Lainnya

Dalam materinya menyampaikan, jika tingkat kebisingan sudah 80 keatas sangat berbahaya untuk pendengaran.

“Kalau masih dibawah 80 masih aman untuk pendengaran,” ujarnya.

Menurut dr Steward, gangguan pendengaran permanen dapat mngganggu komunikasi, pembelajaran dan masa depan.

“Gangguan pendengaran akibat paparan bunyi dengan intensitas tinggi terutama jika terjadi dalam periode waktu yang lama,” ungkapnya.

Dia juga membeberkan, resiko tinggi terjadi gangguan pendengaran, kalau balita di tempat hiburan yang bising, kalau remaja dan dewasa itu karena musik Ipod, MP3, konser musik, bioskop, diskotik, dan karaoke. Juga pabrik dan lingkungan bising.

Baca Juga:  RSUP Kandou Gelar Forum Diskusi Proteksi Radiasi Dibidang Medik

“Tuli disebabkan paparan bising dengan frekuensi lama dan faktor umur, sehingga menyebabkan kerusakan di organ cortik atau sel rambut rusak dan rontok pada telinga,” ungkapnya.

Dalam sesi tanya jawab ada tiga orang pasien dan keluarga pasien memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang sudah dipaparkan oleh dr. Steward.

Tentunya semua pertanyaan langsung dijawab oleh narasumber kita yang sangat luar biasa, karena selain sebagai Ketua Bagian THT, juga sebagai Ketua Perhimpunan Ahli Ilmu Penyakit THT wilayah Sulawesi Utara.

Seperti biasanya diakhir acara. Instalasi Promkes sebagai penyelenggara selalu memberikan apresiasi kepada peserta khususnya mereka yang aktif dalam kegiatan tersebut dengan memberikan gimik berupa handsanitaizer dan Masker.

Kegiatan edukasi dipandu oleh Tim Promkes dan dipenghujung kegiatan tak lupa disampaikan terima kasih kepada Manajemen Rumah Sakit yang selalu mendukung sepenuhnya kegiatan edukasi dari Instalasi Promkes.

Juga untuk narasumber kita sembari memberi motifasi kepada semua pasien dan keluarga pasien yang ikut kegiatan tersebut, agar senantiasa mentaati protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.

Baca Juga:  Sumendap: PKH, Bentuk Keberpihakan Pemerintah Kepada Masyarakat

Yakni Mencuci Tangan, Memakani Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas, dan senantiasa mengajak semua yang hadir untuk tetap berprilaku hidup bersih dan sehat agar kita semua terhindar dari virus.

(BenyaminAlfonso)

 

 

Pos terkait