Staf Khusus Presiden Janji akan Menyampaikan Hasil FGD Perikanan Bitung kepada Jokowi

Bitung, Manadonews.co.id – Walikota dan Wakil Walikota, Maurits Mantiri dan Hengky Honandar, terus berupaya membangkitkan industri perikanan di Kota Bitung.

Kali ini, pembahasan dilakukan lewat Forum Group Discussion (FGD) yang menghadirkan Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI, Joko Widodo, Gracia Josaphat Jobel Mambrasar atau akrab disapa Billy Mambrasar.

Bacaan Lainnya

“Nah, ketidakpastian dalam peraturan perundang-undangan yang perlu dicari solusinya,” ujar Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden, pada FGD yang digelar secara hybrid dari Rumah Dinas Wali Kota Bitung dengan tema Konsep Perikanan Tangkap dan Terukur, Jumat (4/3/2022).

Billy mencatat sejumlah poin yang disampaikan peserta, termasuk Maurits-Hengky yakni perbaikan ekosistem terlebih dahulu sebelum pendataan, kemudian aplikasi dari sistem kultur yang nantinya dapat diimplementasikan.

“Jadi bukan tentang jangan, boleh atau tidak, tetapi aspirasi dari pelaku usaha menengah dan nasional harus di timeline yang tepat,” tukas Billy.

Baca Juga:  Kumendong Pembina Upacara Pemeriksaan Bendera dan Teks Proklamasi

Selain itu, ia juga menyebutkan adanya sistem yang membuat tingginya ‘operational cost’ dan tidak seimbang dengan peningkatan kapasitas pelaku usaha menengah dan nasional serta bertentangan dengan tujuan pemerataan.

“Nah, ketidakpastian dalam peraturan perundang-undangan yang perlu dicari solusinya,” jelasnya.

Pendiri Yayasan Kitong Bisa ini pun berjanji hasil FGD akan dikomunikasikan langsung dengan Presiden RI, Joko Widodo dan juga kepada instansi vertikal terkait sektor perikanan.

“Intinya, impian Pak Maurits dan Pak Hengky untuk kembali membangkitkan sektor perikanan harus kita dukung. Saya sudah mencatat semuanya, mohon dukungan doanya biar apa yang diharapkan berjalan sesuai rencana,” janji Billy.

Walikota Maurits Mantiri menyampaikan terimakasih kepada Billy untuk kedua kalinya datang di Kota Bitung melihat dan mendengar apa yang diinginkan masyarakat terutama sektor perikanan.

“Semoga hasil dari FGD ini secepatnya bisa ditindaklanjuti untuk dicarikan solusinya,” kata Maurits.

Hadir juga dalam FGD, Kepala Dinas Perikanan Pemprov Sulut, Tineke Adam, Vice President Krakatau International Port, Emil Fahmi, Sekretaris Kota Bitung, Audy Pangemanan, para pejabat di lingkup Pemkot Bitung, Staf Khusus Wali Kota Bitung, Tim TP3 Sepakat dan perwakilan pelaku usaha perikanan.

Baca Juga:  Perkasa! Kontingan Manado Rebut Dua Emas Bulu Tangkis Beregu Putra Putri

(***/JerryPalohoon)

 

 

Pos terkait