Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPemerintahanSulawesi Utara

Pemprov Sulut Antisipasi Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran

×

Pemprov Sulut Antisipasi Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran

Sebarkan artikel ini

Manado, MANADONEWS –
Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut) Asiano Gamy Kawatu membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022 di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut, Kamis (7/4/2022).

Rapat ini digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut melalui Dinas Perhubungan Daerah Sulut.

MANTOS MANTOS

Sekdaprov Kawatu dalam sambutannya mengatakan rakor ini rutin dilakukan khususnya mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2022.

Kawatu meminta semua lini, baik udara, laut maupun darat menjadi perhatian dalam pelaksanaan transportasi pasa Lebaran tahun ini. Namun, lebih dititikberatkan di sektor darat.

“Darat masih sesuatu agak sulit dilakukan. Kecuali di batas-batas provinsi, Sulut dengan Gorontalo. Kami berharap ketika rapat ini dilaksanakan dengan upaya antisipatif dalam kaitannya memasuki suasana Lebaran,” tegasnya.

Antisipasi ekstra perlu dilakukan, sebab diperkirakan arus mudik Lebaran tahun ini cukup tinggi.

“Senantiasa berupaya antisipasi hal-hal yang tak diinginkan dalam konteks transportasi. Perjalanan berjalan aman, nyaman dan selamat dalam transportasi. Dan jangan diabaikan, protokol kesehatan tetap dilakukan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Daerah Sulut Izak Rey dalam laporannya mengatakan rapat ini dilaksanakan agar tercipta pelayanan transportasi yang aman, nyaman dan selamat selama Lebaran tahun 2022.

“Kami mengharapkan usulan dari instansi terkait dalam pelaksanaan Lebaran dan tujuan lainnya adalah untuk menyamakan persepsi serta sinergitas pelaksanaan dan kebutuhan selama lebaran ini,” tukasnya.

Bila arus mudik membludak, pihaknya menyiapkan 1.621 armada khusus darat.

“Tapi biasanya tak signifikan. Tak sama dengan di Pulau Jawa,” tukasnya.

Hadir dalam rapat ini, perwakilan Polda, TNI dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten/kota di Sulut.

(***/Youngky)

Example 120x600