Kunjungi Pabrik Cap Tikus 1978 Tim Kemenperin dan Kemendag Dukung Ekspor PT. Jobubu

Amurang, Manadonews.co.id – Berita gembira bagi masyarakat petani aren dan pengusaha di Sulawesi Utara di mana produk kebanggaan daerah yakni Cap Tikus 1978 yang sudah diproduksi oleh PT. Jobubu Jarum Minahasa mendapat sambutan baik dari pihak Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI).

Dalam kunjungan tim yang datang langsung mengunjungi lokasi pabrik di Desa Kapitu Minahasa Selatan, Selasa (24/5/2022), tim kementerian disambut pimpinan pabrik PT. Jobubu Jarum Minahasa, Anggi Sugiarto Santoso dan Allan Sumarlie.

Bacaan Lainnya

Berbagai hal mengenai pemanfaatan hasil petani cap tikus, pengolahan hingga produksi dijelaskan kepala Anggi Sugiarto Santoso.

“Kami membeli dari petani dan mereka sangat terbantu saat kami membeli langsung melalui kelompok tani, yang sebelumnya mereka kesulitan karena masih tergolong ilegal,” ujar Anggi.

Baca Juga:  Sukseskan HPN 2022, Wartawan AWAM dan Polres Minahasa Gelar Kegiatan Ini

Respon positif disampaikan tim dari Kementerian Perindustrian dan tim dari Kementerian Merdagangan. Marolop Nainggolan, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Kementerian Perdagangan RI dan Edy Sutopo, Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar, Kementerian Perdagangan menanyakan berbagai hal dan mendapat jawaban memuaskan dalam diskusi ringan dan santai ini.

“Kami sudah mendengar banyak hal dan senang juga karena PT. Jobubu Jarum Minahasa ikut memikirkan orang sekitar untuk dipekerjakan dan banyak hal sudah membantu petani cap tikus, ini sudah layak ekspor” jelas Marolop Nainggolan.

Ungkapan dukungan ekspor juga disampaikan Edy Sutopo, Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar, Kementerian Perdagangan.

“Ini aset daerah yang perlu diangkat dan produk Cap Tikus 1978 ini sudah layak untuk diekspor,” ujar Edy Sutopo, yang juga ternyata gemar memelihara ikan.

Hadir pada kesempatan ini, tim Kementerian Perdagangan di bawah pimpinan Edy Sutopo, Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar, Kementerian Perdagangan bersama Riris Maruto dan Risetio Canggih Dwiputra.

Baca Juga:  Disiarkan ke seluruh Dunia, Polres Minahasa Sukses Gelar Lomba Bacirita Bahasa Tondano

Sementara dari Kementerian Perindustrian, Marolop Nainggolan, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor bersama Widy Haryono Ditjetpen Kemenperin, Sudiro, Sigit Wibowo, Dikha Arinanto dan Kama Aditya.

“Kita akan bantu agar CT1978 dan minuman Soju, agar bisa diekspor. Kami memiliki lokasi untuk promo yang bisa dimanfaatkan oleh PT. Jobubu Jarum Minahasa,” tambah Widy Haryono.

(HenceKaramoy/JerryPalohoon)

 

 

Pos terkait