Rainier Dondokambey Gagas Aplikasi e-LAN

Manado, MANADONEWS –
Biro Umum Sekretariat Daerah (Setdaprov) Sulawesi Utara (Sulut) berbenah dengan mengikuti era digitalisasi. Di mana, mulai kini terkait dengan administrasi keuangan sudah bisa dilakukan lewat aplikasi elektronik Layanan Administrasi KeuangaN (e-LAN) Biro Umum Setdaprov Sulut.

Adapun Launching e-LAN Biro Umum Setdaprov Sulut dilakukan Asisten III Asiano Gamy Kawatu, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kamis (23/6/2022).

Kepala Biro Umum Setdaprov Sulut Rainier Dondokambey yang merupakan penggagas e-LAN mengatakan dibuatnya aplikasi e-LAN bagian dari proyek perubahan dalam keikutsertannya pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II, yang dihelat di Makassar sejak tanggal 9 Maret-2 Juli 2022.

Dalam laporannya, Rainier pun membeber manfaat aplikasi e-LAN Biro Umum. Dengan aplikasi ini akan tercipta sistem kerja yang lebih efektif dan efisien.

Selain itu, lewat e-LAN akan membuat Percepatan pencairan dana sehingga bermanfaat bagi masyarakat dalam hal ekonomi; Proses penandatanganan dokumen keuangan oleh pejabat terkait lebih efektif dan efisien; Sebagai bentuk monitoring progres pelaksanaan disposisi dokumen keuangan;

Baca Juga:  Kontingen Sulut Berjaya di Kejurnas Pacuan Kuda Seri 2 Piala Presiden

“Aplikasi e-LAN, salah satu langkah menuju Paperless Office, yaitu pengelolaan administrasi dengan pengurangan atau peniadaan penggunaan kertas dan beralih ke dokumen digital. Hal tersebut juga sebagai salah satu langkah pelestarian lingkungan dengan pengurangan penggunaan kertas,” jelas Dondokambey.

Ditambahkannya, proyek perubahan ini memiliki tiga tujuan. Yakni: Tujuan Jangka Pendek, terwujudnya pelayanan administrasi keuangan berbasis elektronik melalui wadah Sistem Aplikasi e-LAN yang diterapkan di lingkungan Biro Umum Setda Provinsi Sulut; Tujuan Jangka Menengah, pelayanan administrasi keuangan berbasis elektronik diterapkan di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Sulut; Tujuan Jangka Panjang, penerapan di seluruh SKPD Pemprov Sulut.

Penerapan proyek perubahan e-LAN, kata Rainier, merupakan salah satu langkah penerapan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang menginstruksikan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik berbasis elektronik, juga Peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, di mana setiap Organisasi Perangkat Daerah harus membangun, mengembangkan dan mengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di masing-masing perangkat daerah.

Baca Juga:  Inilah Bupati Minahasa, Blusukan Tanpa Kenal Lelah

Sementara itu, dalam sambutannya, Asisten III Sedtaprov Sulut Asiano Gamy Kawatu yang mewakili Penjabat Sekdaprov Sulut Praseno Hadi, mengatakan inovasi yang dilakukan dalam penerapan aplikasi e-LAN ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan administrasi keuangan dengan metode semi-paperless, guna mendukung tercapainya layanan administrasi keuangan yang lebih cepat, tepat, efektif dan efisien.

“Mengingat pelaksanaan tugas di Biro Umum dalam rangka fasilitasi setiap kegiatan Pimpinan tidak mengenal tempat, ruang dan waktu, maka dengan hadirnya Aplikasi e-LAN ini, tentu akan semakin memantapkan penyelenggaraan tugas-tugas pokok dan fungsi Biro Umum kedepannya. Aplikasi ini, sungguh merupakan satu langkah hebat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menuju paperless office, yaitu pengelolaan administrasi dengan pengurangan atau peniadaan penggunaan kertas dan beralih ke dokumen digital sebagai bentuk kepedulian kita terhadap pelestarian lingkungan dengan pengurangan penggunaan kertas,” tuturnya.

Kawatu yang juga sebagai mentor ini memuji aplikasi e-LAN.

“Bagi saya maupun dalam institusi pemerintah, aplikasi e-LAN sesuatu yang luar biasa, hebat. Memang ini menjadi tuntutan semua perangkat daerah untuk melakukan perubahan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” imbuh Kawatu.

Baca Juga:  Bupati ROR dan Danlantamal VIII Manado Pimpin Bersih - Bersih Danau Tondano

Ia mengharapkan aplikasi ini bisa diikuti oleh seluruh biro maupun perangkat daerah di lingkup Pemprov Sulut.

“Lebih cepat lebih baik karena ini menjadi role model perangkat daerah yang lain, dengan modal semangat keinginan yang kuat, dengan dana terbatas aplikasi ini dapat dibangun,” tuturnya.

Aplikasi ini, lanjut dia, harus menjadi kebanggaan. “Ya mudah-mudahan aplikasi ini diaplikasikan bagi kemaslahatan Biro Umum maupun dampak kepada pelayanan publik,” tukasnya.

Hadir dalam peluncuran aplikasi e-LAN Biro Umum Setdaprov Sulut ini, di antaranya Kepala Kepegawaian Daerah Sulut Clay Dondokambey, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulit Femmy Suluh, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sulut Weldy Poli, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sedtaprov Sulut Wanda Musu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sulut Abdullah Mokoginta, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sulut Lukman Lapadengan serta para pejabat struktural Biro Umum Setdaprov Sulut.

(Youngky)

Pos terkait