Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPemerintahanSulawesi Utara

Pemprov Sulut-KPK Bangun Sinergi Berantas Tipikor

×

Pemprov Sulut-KPK Bangun Sinergi Berantas Tipikor

Sebarkan artikel ini

Manado, MANADONEWS – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam upaya sinergitas Pemberantasan Tipikor.

Gubernur Olly Dondokambey pun mengumpulkan 15 kepala daerah kabupaten/kota dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Aula Mapalus, Kantor Gubernur, Kamis (14/7/2022).

MANTOS MANTOS

Hadir dalam pertemuan itu Didik Agung Widjanarko Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK.

Didik Agung Widjanarko mengatakan, KPK selain penindakan dan pencegahan, juga punya fungsi kordinasi dan pencegahan.

Tugas KPK melakukan kordinasi itu dilakukan dengan instansi yang berwenang melaksanakan Pemberantasan Tipikor dan instansi pelayanan publik

Sedangkan tugas supervisi, ia menjelaskan KPK mensinergikan Aparat Penegak Hukum (APH) agar penegakan hukum Tipikor berjalan baik, tidak ada intervensi, menutupi, dan tidak diabaikan.

“KPK memastikan proses penegakan hukum berjalan sebaiknya. Support  kepolisian dan kejaksaan, perlu difasilitasi kami fasilitasi, ” kata dia.

Misalnya fasilitasi menyangkut kebutuhan saksi ahli

“Beberapa tahun lalu kami fasilitasi saksi ahli, dibiayai KPK anggarannya Rp 1 Miliar, ” ujarnya

APH yang butuh dukungan supervisi bisa meminta KPK ” Bisa meminta kami, saksi yang sulit dihadirkan misalnya di Kementerian kami fasilitasi. Penangkapan DPO, kita beri fasilitasi,” kata dia.

Ia membeber program pencegahan Kordinasi dan Supervisi dibagi dalam 8 Bidang Intervensi, yakni Tata Kelola Pemerintahan, Sertifikasi Aset, Penertiban Aset, Inovasi Optimalisasi Pajak Daerah, Peningkatan Kompetensi APIP, dan Optimalisasi BUMD. (Youngky)

Example 120x600