Peringkat Pertama Olimpiade Matematika dan IPA Wilayah Suluttenggo, Sandy Saruan Lolos ke Seleksi Nasional

Manado – Sandy Salomo Saruan, mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) di Tondano, mengukir prestasi di Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) Tahun 2022.

Menjadi kebanggaan bagi mahasiswa jurusan Matematika Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kebumian (FMIPA-K) kelahiran Tomohon, 27 Mei 2000 ini, berhasil meraih peringkat pertama dalam seleksi ONMIPA Bidang Matematika tingkat Wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) XVI, yakni semua Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dalam wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Bacaan Lainnya

Prestasi berhasil diraih pria yang hobi bermain basket tersebut berdasarkan pengumumuman Surat Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Surat tersebut nomor: 0383/J7.1/PN.00/2022, tertanggal 10 Agustus 2022.

Dilansir dari TribunManado, dengan hasil tersebut pemuda yang bercita-cita menjadi seorang pengajar menjadi satu-satunya perwakilan wilayah dalam LLDIKTI XVI untuk berkompetisi dalam Seleksi Nasional ONMIPA bidang Matematika pada 20-24 September 2022.

Baca Juga:  Surat Puasa Tahun 2022, Ini Pesan Uskup Manado

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya, Malang.

Mahasiswa Unima Sandy Salomo Saruan mengukir prestasi di Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) 2022 bidang Matematika

 

Prestasi yang diraih Sandy Saruan mendapat respons dan dukungan dari Rektor Unima Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd Deitje Katuuk melalui Dekan FMIPA-K Unima Dr. Anetha Tilaar, M.Si.

“Banyak selamat dan tetap rendah hati dan giat belajar dalam meraih prestasi pada babak final di Brawijaya,” ujar Anetha Tilaar.

Ketua Jurusan Matematika FMIPA-K Unima Dra. Vivian E. Regar, M.Si menyampaikan, apa yang diraih Sandy adalah prestasi fakultas dan universitas.

“Kami sebagai penanggungjawab kegiatan akademik di jurusan, siap melaksanakan program-program Rektor Unima melalui Dekan FMIPA-K,” tukas dia.

Sekretaris Jurusan Matematika FMIPA-K Unima, Dr. Nicky Tumalun, S.Pd, M.Sc, mengatakan prestasi Sandy adalah salah satu keberhasilan pembinaan mahasiswa berprestasi akademik yang dilakukan oleh semua dosen Jurusan Matematika FMIPA-K Unima.

“Yang selalu didorong oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Masje Wurarah,” sebutnya.

Sandy kepada wartawan menyampaikan, dalam mengikuti kompetisi sebagai mahasiswa semester akhir, susahnya pada manajemen waktu untuk belajar ONMIPA dan persiapan untuk ujian-ujian akhir perkuliahan.

Baca Juga:  Bupati Minsel dan Wabup Hadiri Perayaan Maulid Nabi di Ranoyapo

Namun, pemilik akun instagrab bernama @sndyrn_ katakan, merasa senang ketika belajar bersama teman-teman dan dosen jurusan matematika dalam persiapan ONMIPA ini.

“Tentunya dengan prestasi ini, jangan cepat merasa puas, selalu berusaha, terutama berjuang terus untuk ONMIPA tingkat nasional nanti bulan September,” ungkap sulung dari pasangan suami-istri, Sonny Saruan, M.Pd, Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Kota Tomohon dan Sheidy Rampe, S.Pd, Kepala Sekolah SMA swasta di Minahasa ini.

Data Diri

Nama lengkap: Sandy Salomo Saruan.

Tempat Tanggal Lahir: Tomohon, 27 Mei 2000.

Hobi: Main Basket, Main Gim Online.

Cita-cita: Pengajar (Guru/Dosen)

Nama IG: @sndyrn_

Prestasi pernah diraih:

Juara 3 OSN SD 2011 tingkat Provinsi Sulut bidang Matematika, (Peserta OSN SD tingkat Nasional di Manado tahun 2011 bidang Matematika).

Juara 1 OSN SMA tingkat Provinsi Sulut tahun 2017 bidang Informatika.

(Peserta OSN SMA tingkat Nasional di Pekanbaru, Riau tahun 2017 bidang Informatika).

Juara 1 KN-MIPA PT tingkat wilayah XVI bidang Matematika tahun 2021.

(Peserta KN-MIPA PT tingkat Nasional bidang Matematika tahun 2021 – daring).

Baca Juga:  Walikota Vicky Lumentut Terima Penghargaan SAKIP dari Menteri PAN/RB

(***/Rds)

Pos terkait