Komitmen Jaga Lingkungan, Maurits-Hengky Setiap Kamis Naik Angkutan Umum

BITUNG,Manadonews.co.id — Komitmen pemerintah Kota Bitung memberlakukan kebijakan tanpa kenderaan bermotor di Hari Kamis bagi ASN, PPPK dan THL dilingkup pemkot Bitung patut diacungi jempol.

Hal tersebut bahkan dicontohkan Wali Kota Maurits Mantiri dan Wakilnya Hengky Honandar. Dengan adanya kebijakan itu. Keduanya setiap Hari Kamis pergi dan pulan kantor berjalan kaki. Juga sesekali keduanya menaiki kendaraan angkutan umum dan ojek.

Pada kesemoatan itu, Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar menggunakan angkutan umum saat pergi ke Kantor Walikota Bitung, Kamis 01/09-2022.

“Ini harus dibiasakan. Memang harus mulai dibiasakan agar terbiasa dan menjadi kebiasaan. Karena dampak dari tidak membawa kendaraan dinas atau kendaraan pribadi ke kantor akan membantu menyelamatkan lingkungan dari polusi udara. Juga manfaat lainya seperti kesehatan, membantu pekerja angkutan umum dalam segi ekonomi, membantu memperlancar lalu lintas dan masih banyak lagi dampak positif dari kegiatan Kamis tanpa kendaraan dinas dan kendaraan pribadi bagi ASN, PPPK dan THL di lingkungan pemerintah Kota Bitung,” ujar Honandar

Baca Juga:  Bisnis Dekorasi Pernikahan Makin Menjanjikan

Honandar menuturkan, Hari Kamis tanpa kendaraan bermotor bagi pemkot Bitung ini telah dimulai sejak awal Agustus 2022, dan dampak dari kebijakan ini adalah penghematan dari segi BBM yang terpakai untuk kendaraan dinas dan kendaraan pribadi milik ASN, PPPK dan THL ini kurang lebih Rp. 65.000.000.

“Bayangkan saja jika ini terserap ke masyarakat pekerja angkutan umum. Pun estimasi penghematan BBM pada pelaksanaan hari tanpa kendaraan bermotor di lingkungan pemerintah Kota Bitung juga sangat membantu,” ungkap Honandar.

Adapun Estimasi Penghematan di Hari Kamis:

Jumlah Asn 2773 Orang

Jumlah Pppk 111 Orang

Jumlah Thl 2345 Orang

Total 5229 Orang

Estimasi Yang Punya Kendaraan Pribadi 75% 3922

Estimasi Jumlah Mobil 25% Dari Total Kendaraan 980 Unit

Estimasi Jumlah Motor 75% Dari Total Kendaraan 2941 Unit

Jumlah Kendaraan Dinas Roda 4 273 Unit

Jumlah Kendaraan Dinas Roda 2 625 Unit

Estimasi Jumlah Kendaraan Roda 4 1253 Unit

Estimasi Jumlah Kendaraan Roda 2 3566 Unit

Estimasi Total Kendaraan 4820 Unit

Baca Juga:  'Kick Off' oleh Gubernur, Pemprov Sulut Memagangkan 350 Calon Tenaga Kerja

Estimasi Rata-Rata Penggunaan Bbm Mobil/ Hari (Liter) 5014

Estimasi Rata-Rata Penggunaan Bbm Sepeda Motor/ Hari (Liter) 3566

Estimasi Penghematan Penggunaan Bbm (Liter) 8580

Estimasi Penghematan Biaya Bbm (Asumsi Pertalite) Rp 65,637,478

Penghematan Dalam Jumlah Liter -/+ Setara Dgn 1 Tanki 8kl Per Hari.

(ROCKY)

Pos terkait