Kabupaten Minahasa Utara Peringkat Pertama se Indonesia e-Katalog Lokal Kategori Proporsi Transaksi Terhadap Belanja Pengadaan Terbesar

Jakarta, Manadonews.co.id Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar pemerintah daerah meningkatkan penggunaan e-Katalog Lokal pada penggunaan produk dalam negeri.

Berdasarkan data Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI per 5 Oktober 2022, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), berada di peringkat 1 dari 416  kabupaten se-Indonesia e-Katalog Lokal untuk Kategori Proporsi Transaksi Katalog Lokal Terhadap Belanja Pengadaan Terbesar.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk Kategori Indeks Implementasi Percepatan Katalog Lokal, Kategori Nilai Transaksi Katalog Lokal Terbesar, Kategori Indeks Partisipasi Pelaku Usaha Terbesar, Kategori Produk Tayang Terbesar dan Kategori Indeks e-Purchasing Terbesar, Kabupaten Minut semuanya masuk 10 besar dari 416 Kabupaten se-Indonesia.

Hal ini berdasarkan data yang dirilis LKPP pada kegiatan Business Matching Tahap IV dengan tema Percepatan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah dan BUMN yang diselenggarakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia 6-7 Oktober 2022 di Nusa Dua Convention Center Bali yang dihadiri Sekretaris Daerah Minahasa Utara, Drs. Rivino W. L. Dondokambey.

Baca Juga:  123 KPM Pineleng Satu Terima Penyaluran BLT DD untuk Tiga Tahap

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Jakarta Convention Center, 24 Mei 2022 lalu.

Hadir dalam acara ini Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Asisten Logistik Kapolri Argo Yuwono, serta Perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD.

Acara dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan ditutup oleh Kapolri Listyo Sigit.

(***/JerryPalohoon)

Pos terkait