Gelar Rakor Verifikasi Faktual Partai Politik 2024, Meidy Tinangon Harap menjadi Acuan Kerja KPU

Manado – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Koordinasi Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024,

Kamis (13/10/2022), di Hotel Luwansa Pumorow Manado.

Bacaan Lainnya

Rakor ini juga dihadiri para stakeholder, NGO dan media, dibuka oleh Plt Ketua KPU Sulut, Meidy Tinangon.

Di kesempatan tersebut, Tinangon mengatakan peran serta pemerintah daerah, Polri dan TNI, masyarakat serta media massa sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi verifikasi faktual oleh tim KPU Sulut yang dimulai 15 Oktober 2022.

Dirinya berharap partai politik mempedomani regulasi terbaru KPU dalam kerja-kerja Parpol ke depan.

“Sudah ada perubahan regulasi terkait pedoman teknis pelaksanaan verifikasi administrasi perbaikan dan verifikasi faktual yang menjadi acuan kerja KPU, sudah ada keputusan KPU nomor 384 tahun 2022 tentang perubahan ke-4 atas keputusan KPU nomor 260 tahun 2022,” paparnya.

Baca Juga:  Kelurahan Rinegetan Juara Satu Lomba LPM Tingkat Kabupaten

Dalam pelaksanaan verifikasi faktual nantinya, terdapat 3 hal utama yang harus dibuktikan, yakni kepengurusan dan keanggotaan parpol, keterwakilan perempuan minimal 30% pada susunan pengurus, serta domisili kantor tetap, sesuai dengan PKPU 4 Tahun 2022.

“Beberapa hal di antaranya, agar seluruh peserta rakor mendukung proses verifikasi faktual demi sukses Pemilu 2024,” kata Tinangon.

KPU Sulut dalam pelaksanaannya agar senantiasa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan unsur pemerintah daerah,TNI dan Polri, Bupati/Walikota juga meminta para Camat agar mendukung pelaksanaan verifikasi faktual dan menginstruksikan kepada seluruh kepala desa dan Lurah agar bersama-sama mendukung dan memantau pelaksanaan verifikasi faktual di wilayah.

(BenyaminAlfonso)

 

 

Pos terkait