Edukasi Bahaya Retinopati Dabetik Penyebab Kebutaan dan Cara Pencegahannya

Manado – KSM Ilmu Kesehatan Mata RSUP Prof dr R D kandou Manado memperingati hari penglihatan sedunia tahun 2022 dengan edukasi Kesehatan bertajuk retinopati diabetik.

Penyuluhan dilakukan di ruang tunggu poliklinik bedah, poliklinik ilmu Kesehatan mata dan di ruang tunggu depo rawat jalan RSUP Prof Kandou Manado.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini juga sebagai peringatan akan hari penglihatan sedunia tahun 2022 yang di rayakan tepat pada tanggal 13 Oktober 2022.

Dalam materinya dr. Ade sapaan akrabnya mengatakan Retinopati diabetik merupakan komplikasi dari diabetes yang dapat menyebabkan kebutaan.

Kedudukan provinsi Sulawesi utara, sebagai provinsi ketiga di Indonesia dengan penderita Diabetes Melitus terbanyak.

Retinopati diabetik sebagai komplikasi dari diabetes melitus juga mengalami peningkatan seiring dengan tingginya angka diabetes mellitus di provinsi Sulawesi utara.

Oleh karena itu, sebagai upaya promosi Kesehatan untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan kualitas hidup masyarakat, kelompok staff medik Ilmu Kesehatan mata  bekerjasama dengan instalasi promosi kesehatan dan pemasaran RSUP Prof dr R D Kandou mengadakan penyuluhan Kesehatan di berbagai lokasi di RSUP prof dr R D kandou.

Baca Juga:  Ketum PDIB Soroti Soal Banyaknya Petugas Pemilu 2019 Yang Meninggal Saat Bertugas

dr Ade dalam edukasinya menjelaskan bahaya dari retinopathy diabetik terhadap penglihatan.

“Retinopati diabetik merupakan kelainan retina mata sebagai akibat dari diabetes yang dapat mengancam penglihatan,” jelasnya.

dr Ade Nursalim mengajak para peserta edukasi untuk memeriksakan mata secara berkala ke dokter mata untuk mendeteksi dini kelainan dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada mata.

“Perang dengan penyakit diabetes di sarankan untuk periksa ke dokter mata minimal 1 tahun sekali untuk mencegah, mendeteksi dini kelainan yang mungkin timbul ataupun memberikan terapi dini untuk mencegah kerusakan yang lebih berat,” katanya dalam penyuluhan.

Ketua KSM ilmu kesehatan mata Dr. dr .Vera Sumual, Sp.M(K) mendukung upaya promosi kesehatan ini demi peningkatan kualitas kesehatan mata di provinsi Sulawesi Utara.

“Hari penglihatan sedunia yang di peringati pada hari ini 13 oktober 2022 merupakan salah satu momen kesehatan mata. kami dari KSM ilmu kesehatan mata RSUP prof R D kandou memperingati hari ini dalam bentuk penyuluhan kesehatan secara langsung, daring maupun melalui media komunikasi radio. semua ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kewaspadaan bersama dan kesadaran untuk memelihara kesehatan mata demi kualitas hidup yang lebih baik,” jelas dokter cantik Vera Sumual.

Baca Juga:  Yasti : Mari Kita Ciptakan Generasi Cinta Sehat

(BenyaminAlfonso)

 

 

Pos terkait