Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Kasdam Luthfie Beta Pimpin Upacara di Kodam XIII/Merdeka

Manado – Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, yang mengusung tema ” Bersatu Bangun Bangsa ” dengan Inspektur upacara Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta S.Sos dan Komandan Upacara (Danup) Pabandya Bakti TNI Sterdam XIII/Merdeka Letkol Inf Jenris Yulmal Vinas, Jumat (28/10/2022) di Markas Kodam XIII/Merdeka.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta S.Sos mengatakan bahwa kami menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Bacaan Lainnya

Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa” tema ini untuk mengingatkan dan menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita cita bangsa.

Baca Juga:  Pangdam Denny Tuejeh Terima Kunjungan PKDN Sespimti Polri

Sejarah nilai nilai dan semangat hari Sumpah Pemuda yang perlu kita tanamkan selalu dalam hati kita masing masing. Perlu kita ketahui bahwa Pemuda merupakan pelopor bangsa dan mengambil peran yang besar dalam berjuang merebut Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dari tangan penjajah.

Peringatan Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 juga memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

Baca Juga:  Pangdam Denny Tuejeh Luncurkan 12 Kandidat ke Pusterad Guna Peningkatan Kemampuan Satnonkowil dan Penguatan Fungsi Utama Binter TNI AD

Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

“Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia”, ujar Kasdam XIII/Merdeka.

Sementara itu Kapendam XIII/Merdeka Letkol Arm Beny H Suwardi, S.Sos.M.A.P menyampaikan bahwa upacara bendera memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 merupakan wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai nilai yang terkandung didalamnya.

Baca Juga:  Vaksin Covid-19 Tiba di Talaud Dengan Helikopter Polri

“Kegiatan ini untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”, kata Kapendam.

Kegiatan ini ditandai dengan pembacaan teks keputusan kongres Pemuda Indonesia 1928 yang berbunyi ” Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia. Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu Bangsa Indonesia. Kami putera dan puteri Indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia “.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Theodorus Kawatu, para Staf Sahli Pangdam XIII/Merdeka, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Tri Handoko, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka dan para Dansat jajaran Kodam XIII/Merdeka.

(Regina.TS)

 

 

Pos terkait