13 Pelaku UMKM Unggulan Korem Nani Wartabone Mengikuti Workshop Pengembangan dan Pemulihan Ekonomi

Manado – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) berkolabosasi dengan pemerintah melaksanakan kegiatan workshop “Peran TNI AD Bersama Pemerintah Dalam Mengembangkan Ekonomi UMKM Di Era Digital Tahun 2022” yang dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Sabtu (29/10/2022) di kawasan Buperta Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim).

Kegiatan yang mengusung tema “UMKM Kuat, Indonesia Bangkit” ini diikuti oleh 200 UMKM yang dilaksanakan pada 29-30 Oktober 2022, dengan tujuan untuk mengembangkan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di era digital.

Bacaan Lainnya

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya mengatakan TNI AD terus bersinergi bersama pemerintah dan para pemangku kepentingan dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, guna mendukung program pemulihan ekonomi nasional.

“Sesuai dengan perintah Presiden RI Joko Widodo bahwa untuk mengantisipasi kerawanan pangan pasca Covid-19, beberapa langkah dilakukan salah satunya adalah masalah peningkatan UMKM baik dari seluruh anggota yang ada maupun warga yang ada di sekitar dengan memanfaatkan para pengusaha disekitarnya”, kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Baca Juga:  Benteng Trisakti PDI Pro Mega Penggagal Kongres Palu Anjangsana ke Panti Asuhan

Dijelaskan KASAD, bahwa UMKM saat ini memiliki peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional dan penyerapan tenaga kerja dalam jumlah yang besar sehingga pengembangan memerlukan pendekatan yang workable dari seluruh pihak yang terkait.

“Kita dalam hal ini TNI AD memberikan dukungan melalui program Pembinaan Teritorial (Binter) oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) sebagai motor penggerak dalam mengembangkan kreatifitas, inovasi dan teknologi dalam bidang UMKM di wilayah teritorialnya masing masing”, ujar mantan Pangdam Jaya tersebut.

Melalui kegiatan workshop ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan para pelaku UMKM dalam membangkitkan produk dan kreasi melalui konsep market digital.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam mengembangkan UMKM guna mendorong perekonomian nasional, serta terjalinnya komunikasi dan silaturahmi antara TNI AD dengan segenap komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI rakyat”, pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman didampingi Ketua umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny Rahma Dudung Abdurachman melaksanakan peninjauan ke stand pameran dan melaksanakan shering dengan pelaku UMKM Kodam XIII/Merdeka Stella Elisabet Waroka yang didampingi Pabandya Komsos Sterdam XIII/Merdeka Letkol Inf I Komang Suarsa.

Baca Juga:  FDW- PYR Paparkan Kebijakan Umum Pengelolaan Keuangan Daerah T.A. 2021 di Rapat Paripurna DPRD

Untuk Korem 133/Nani Wartabone sendiri memfasilitasi 13 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan untuk melakukan promosi dan pemasaran produk pada kegiatan Bazar dan Workshop yang diselenggarakan oleh Staf Teritorial TNI AD (Sterad) bekerja sama dengan Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kementrian Koperasi UMKM.

Beberapa produk UMKM binaan Korem 133/Nani Wartabone yang ditampilkan dalam pameran tersebut, yaitu
Kain Kerawang, Kopiah keranjang, Kue Kerawang, Kopi Pinogu, Kipas Kerawang, Kripik Pisang Litata, Pia Saronde Sambal Tuna dan Sambal Cakalang.

Dalam peninjauannya, KASAD mengucapkan terima kasih kepada para pelaku UMKM Kodam XIII/Merdeka atas partisipasi dan peran serta Kodam XIII/Merdeka melalui Korem sejajarannya yang sudah mengikuti Bazar di Wilayah Buperta Cibubur Jakarta Timur, dengan harapan guna meningkatkan UMKM dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Irjenad, Dankodiklat TNI AD, Danpusterad, Pangkostrad, para Asisten KASAD, Pangdam Jaya, Danjen Kopassus, para Kabalak Mabesad, Danrem Jajaran Kodam Jaya, Dosen fakuktas Ekonomi dan bisnis Unsrat Usaha Pengembangan Kewirausahaan Yantje Uhing.

Baca Juga:  Operasi Gaktib dan Yustisi Pom TNI 2022 Resmi Digelar di Wilayah Kodam XIII/Merdeka

(***/Reginannlhy)

 

Pos terkait