Wali Kota Punya Kewenangan Tunjuk Plt Atas Dasar ‘Perintah’ Undang Undang

Wali Kota Tomohon selaku Ketua Umum Panitia Pnt. Caroll Senduk, SH, membawakan sambutan sekaligus ucapan terima kasih

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Kepala Daerah termasuk di dalamnya Wali Kota Tomohon memiliki kewenangan untuk menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) mengisi jabatan lowong sesuai amanat Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, menjelaskan Pejabat Pemerintahan adalah unsur yang melaksanakan fungsi pemerintahan, baik di lingkungan pemerintah maupun unsur penyelenggara negara lainnya.

Unsur yang menjalankan fungsi pemerintahan di lingkungan pemerintah di antaranya Kepala dan Wakil Kepala Daerah, Sekretaris Daerah serta Kepala Perangkat Daerah.

Dalam peraturan perundang-undangan tersebut dijelaskan juga tentang Pelaksana Tugas (Plt) yang ditunjuk dari pejabat lainnya yang memenuhi syarat untuk mengisi kekosongan jabatan karena pejabat sebelumnya berhalangan tetap.

Lebih lanjut dijelaskan dalam Surat Edaran Kepala BKN Nomor : 2/SE/VII/2019 tentang Kewenangan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas Dalam Aspek Kepegawaian, bahwa Pegawai Negeri Sipil yang ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas, melaksanakan tugasnya untuk paling lama 3 (tiga) bulan dan dapat diperpanjang paling lama 3 (tiga) bulan.

Dari uraian di atas, dapat dipahami bahwa Pelaksana Tugas (Plt) dalam aspek kepegawaian adalah sah sesuai sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku walaupun memiliki batasan sebagaimana telah diatur.

Baca Juga:  Rumah Tiga Pilar TMMD 106 Kodim 1301/Sangihe Hampir Rampung

Oleh sebab itu, Wali Kota Tomohon selaku Kepala Daerah dan juga Pejabat Pembina Kepegawaian memiliki kewenangan untuk menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) dari unsur pejabat lainnya yang memenuhi syarat untuk mengisi jabatan yang lowong.

Selama ini Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) dari pejabat lain yang memenuhi syarat dan berkompeten, sehingga pelayanan publik berjalan baik, tidak ada hambatan dan halangan.

Selain itu, Pelaksana Tugas (Plt) yang ditunjuk melaksanakan fungsi sesuai ketentuan yang berlaku, melaksanakan program dan kegiatan secara prosedural guna menopang Visi dan Misi serta Program Unggulan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon.

Dan perlu digaris bawahi bahwa saat ini sementara dilakukan proses Seleksi Jabatan Tinggi Pratama untuk menduduki jabatan eselon IIb yang lowong di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Pos terkait