TPID Sulut Mantapkan Koordinasi Jelang Nataru

Manado, MANADONEWS –
Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah mulai melakukan langkah antisipasi.

Pemprov Sulut melalui Biro Perekonomian mengumpul Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) guna memantapkan koordinasi, Kamis (3/11/2022) di Ruang FJ Tumbelaka, Kantor Gubernur Sulut.

Rapat Koordinasi Sinergitas Program Kerja TPID tersebut dipimpin Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ronald Sorongan, mewakili Gubernur Sulut.

Turut dihadiri pihak Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, instansi terkait baik provinsi dan kabupaten/kota di Sulut.

Sorongan kepada wartawan mengatakan, pelaksanaan rapat koordinasi yang digelar sebagaimana harapan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, untuk melakukan upaya bersama mengantisipasi inflasi.

“Ini penting karena memang sebentar akan menyambut Natal dan Tahun Baru. Belum lagi dampak kenaikan BBM. Kita bicarakan cara-cara antisipasinya seperti apa, termasuk juga menjaga stok komoditas yang memicu inflasi,” terangnya.

Ia juga mengakui, pengawasan jual beli di pasar tradisional menjadi perhatian untuk diawasi.

“Makanya kita dorong kabupaten/kota agar bekerja sama dalam pengawasan ini. Terlebih juga mengawasi pedagang ‘nakal’ yang suka mempermainkan harga untuk keuntungan sendiri. Itu kita awasi,” tegasnya.

Baca Juga:  ROR-RD Hadiri Pembukaan Pendidikan Kader Pratama PDI Perjuangan

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sulut, Lukman Lapadengan menambahkan, lewat rakor tersebut juga disepakati akan dilakukan operasi pasar di wilayah masing-masing.

“Mungkin dalam waktu dekat kita akan turun ke lapangan. Kita akan telusuri ketersediaan stok, baik bahan pangan dan juga harga jualnya. Kita akan awasi supaya tidak terjadi disparitas harga. Ini upaya dalam mengendalikan inflasi daerah,” tandasnya. (*)

Pos terkait