Ruas Jalan Wori-Likupang Segera Dibangun, Joune Ganda: Ini Bukti Kepedulian Pemerintah Pusat

Minut,Manadonews.co.id-.Dalam rangka mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang di Minahasa Utara, pihak Balai Pelaksanaan Jalan  (BPJN) Sulawesi Utara (Sulut) segera membangun ruas jalan Wori-Likupang.

Menurut Kepala BPJN Sulawesi Utara Hendro Satrio saat diwawancara, pada Selasa (8/11/2022), bahwa pembangunan ruas jalan ini merupakan paket multiyears bersama dengan pekerjaan ruas jalan Mailang-Atinggola.

Bacaan Lainnya

“Sedang proses tender saat ini paket multiyears yaitu ruas jalan Mailang-Atinggola. Juga untuk ruas Wori-Likupang untuk mendukung DPSP Likupang,” ujarnya.

Selain pekerjaan tersebut, Hendro mengatakan, pembangunan ke DPSP Likupang sudah dilakukan sejak 2019.

“Kami sudah mengerjakan di Likupang itu, sudah lakukan pelebaran jalan dari Girian-Likupang itu kurang lebih sepanjang 16 kilometer,” ujar dia.

BPJN juga sudah membangun jalan baru yang ke arah Pantai Pulisan, Likupang, sampai dengan yang ada bundaran.
“Itu sudah kami tangani 2020 yang lalu. Juga kami ada ganti jembatan Marinsow dan sebagainya. Jadi, di Likupang sudah kami lakukan dari tahun 2019 yang lalu,” sebut Hendro.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Tunjuk Minut Jadi Pilot Project Program Pembangunan Digitalisasi Pedesaan

“Kami juga di tahun 2022 ada kegiatan-kegiatan strategis lainnya yang kami kerjakan. Itu untuk mendukung DPSP Likupang,” tambah dia.

Hendro mengungkapkan, alokasi anggaran di tahun 2023 untuk pembangunan di Sulut meningkat dibandingkan tahun 2022.

“Untuk tahun depan 2023, kami rencanannya alokasi dana di tahun 2023 ini sebesar Rp 847 miliar. Jadi, kalau kami bandingkan terhadap alokasi dana di BPJN Sulut tahun ini itu naik sekitar Rp 120 miliar,” ungkap dia.

“Jadi, kalau tahun ini alokasi dana di BPJN Sulut 2022 ini Rp 724 miliar. Tahun depan 2023 alokasi Rp 847 miliar,” sambung dia.

Terpisah, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda mengapresiasi pihak BPJN Sulut atas proyek tersebut. Menurutnya, ini merupakan kepedulian pemerintah pusat, dalam hal ini Presiden Jokowi.

“Ini bukti kepedulian pemerintah pusat, dalam hal ini Presiden Jokowi, serta Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang melihat bahwa ada banyak potensi di Minut,” jelas Joune Ganda.

Ditambahkan, Joune Ganda bahwa dengan dibangunnya jalan Wori-Likupang bukan hanya berdampak pada sektor pariwisata saja, namun menjadi keuntungan lintas sektor.

Baca Juga:  Pagi Ini, Mega Resmikan Kantor DPD PDI Perjuangan Sulut

“Yah, pastinya bukan hanya sektor pariwisata. Otomatis tingkat perekonomian warga akan meningkat dan berdampak pada naiknya kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” tuturnya.

Dirinya yakin, kedepan Kabupaten Minut akan lebih maju serta bisa lebih dikenal, apalagi banyak proyek proyek besar yang diberikan untuk Minut.

“Pembangunan infrastruktur di Sulut, terlebih khusus Minut terus mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat,” pungkasnya.
(Tim mn)

Pos terkait