Irup Hari Pahlawan Bupati FDW: Sekali Merdeka Tetap Merdeka

AMURANG, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH bertindak selaku Inspektur Upcara (Irup )Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 di Kabupaten Minsel yang digelar di Ruang Terbuka Publik (RTP) Amurang dan diikuti ASN serta personil Polri dan TNI.

Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini dalam sambutan yang dibacakan Bupati Franky Wongkar menandaskan peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan setiap tahun adalah renungan untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup generasi sekarang sebagai Bangsa dan Negara Merdeka.

“Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi Bangsa Pemenang. Untuk itu, marilah kita bergerak dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka. Kita harus hidupkan kembali dalam benak kita, semangat perjuangan para Pahlawan Bangsa yang dengan bekal bambu runcing mereka tetap bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu dalam semangat Merdeka atau Mati,” papar Mensos.

Baca Juga:  Ditresnarkoba Polda Sulut Gelar Latihan Menembak

Lanjut Mensos, para  pejuang sepenuhnya percaya masa depan generasi bangsa layak untuk diperjuangkan.

“Mereka telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya. Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan Ancaman dan Tantangan yang nyata- nyata di hadapan kita, pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, pandemi Covid–19 serta kelangkaan Sumber Daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan,” ujarnya.

Imbuhnya, teladan dari para Pahlawan Bangsa, kiranya menjadi penyemangat di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini melalui semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” untuk terus memberikan energi tambahan terutama menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau, untuk dipecah belah,. Ingatlah slogan Bhinneka Tunggal Ika.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah,” kuncinya.

Baca Juga:  Menteri Susi; China Boleh Protes, Soal Kedaulatan Kita Jangan Kalah Galak

Usai upacara Bupati FDW menyerahkan secara simbolis 10 ribu kartu BPJS Kesehatan kepada penerima manfaat.

Selanjutnya FDW menjadi Irup pada kegiatan upacara di Taman Makam Pahlawan Amurang.

Hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan masing-masing Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, MTh, Kapolres Minsel, Kajari Amurang, Ketua Pengadilan Negeri Amurang unsur TNI, Polri, LVRI dan tokoh masyarakat bersama tokoh rohaniawan, para pejabat teras serta seluruh ASN yang ada di Minahasa Selatan.

Pos terkait