Kala Gubernur Olly Dondokambey Hentikan Pidato saat Azan Berkumandang

Lolak, MANADONEWS – Azan berkumandang di atas langit Kantor Bupati Bolaang Mongondouw.

Jam menunjukan tepat pukul 18.39 WITA untuk Salat Isya. Di saat bersamaan, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berdiri di atas podium.

Orang nomor satu di bumi nyiur melambai itu sementara membawakan sambutan dan hendak membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI tahun 2022.

Sontak, mendengar lantunan salat, sambutan Gubernur Olly tiba-tiba berhenti. Dengan wajah khusyuk, suami Ir Rita Maya Dondoambey Tamuntuan menundukan kepala.

Suasana opening ceremony ajang tiga tahunan yang kali ini berlangsung di Bolmong serempak hening.

Di atas panggung, sang istri yang juga turut hadir larut dalam suasana hening. Tak ketinggalan juga Wakil Gubernur Steven Kandow, Forkopimda serta para kepala daerah se-Sulut.

Hampir 10 menit setelah isya selesai dikumandangkan, baru ia melanjutkan acara pembukaan. Tak ada embel-embel lain yang keluar dari mulutnya selain meneruskan kata-kata sambutan yang sempat terjeda.

Namun, ini menggambarkan seorang pemimpin yang menjunjung toleransi antar umat beragama di mata masyarakat.

Baca Juga:  DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna LKPJ Gubernur 2019

“Ini menunjukan kepemimpinan yang menjadi Inspirasi bagi semua, dalam membangun toleransi dan kerukunan di Indonesia,” ujar Rusman, warga Lolak yang saat itu hadir dalam acara pembukaan Porpov 2022 di Bolmong, Senin (14/11).

Menurutnya, hal ini juga didukung dengan filosofi Gubernur Olly Dondokambey ‘Torang Samua Ciptaan Tuhan’ 

“Kultur dan budaya hidup dalam kesetaraan juga nampak begitu juga dukungan bagaimana pemerintah menfasilitasi kegiatan keaagamaan patut mendapat anjugan jempol.

“Sehingga Sulut telah membawa pencerahan dalam menata kelola kerukunan dan toleransi yang baik bagi umat beragama di Indonesia,” ujarnya.

Sementara dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan Terima kasih atas peran Panitia Porprov hingga kegiatan ini bisa terwujud.

“Selamat berkompetisi,” kata Gubernur Olly Dondokambey bagi para atlet.

Porprov 2022 merupakan persiapan untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024. “Kita tingkatkan perolehan medali di PON 2024,” kata dia.

Sulut di PON XX Papua 2020 berhasil merebut 4 emas, 6 perak dan 11 perunggu, menempati urutan 21 dari 34 provinsi.

Ia menyampaikan, Sulut tidak pakai atlet luar, murni atlet dalam daerah sendiri

Baca Juga:  8 WNA Cina Dideportasi Pihak Imigrasi Kotamobagu

Olly Dondokambey mengatakan, kondisi saat ini baru terlepas dari Covid 19 sehingga tahun ini bisa terselenggara, namun harus terus waspada supaya  kegiatan kumpul orang banyak bisa berjalan terus dengan

Ia berharap semua pihak terus mendukung  untuk menyukseskan Porprov XI supaya berjalan mulus

” Atlet dan wasit siap bertanding sportif Saya berterima kasih, apapun kita dapat lakukan untuk kebaikan kita. Konsisten melakukan kegiatan olahraga,” kata dia.

Adapun dalam pembukaan itu diawali dengan tari tarian tradisional khas Bolmong. Kemudian pawai devile para peserta Porprov dari semua kabupaten/kota.

Atraksi selanjutnya Pesta Kembang api menandai pembukaan.

Terakhir pengarakan api obor oleh sepasang atlet melalui 4 kecamatan diakhir dengan  pemasangan api Porprov di Lapangan Kantor Bupati Bolmong. (Youngky)

Pos terkait