Dibuka Gubernur Olly, Walikota Maurits Hadiri RAKOREV Triwulan III Tahun 2022

BITUNG, MANADONEWS.CO.ID — Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, M.M didampingi Kepala Bappeda, mengikuti Rapat Koordinasi dan Evaluasi (RAKOREV) Hasil Pembangunan sampai dengan Triwulan III Tahun 2022 Kabupaten/Kota se – provinsi Sulawesi Utara di Novotel Manado,Rabu 16/11/2022.

Kegiatan yang didahului dengan laporan dari Kepala-kepala daerah Kabupaten/Kota ini bertujuan untuk mengevaluasi pembangunan yang sudah berjalan beserta juga dengan permasalahan yang dihadapi di setiap daerah di Sulawesi Utara.

Selanjutnya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan oleh masing-masing daerah, antara lain ; Pertama, Inflasi di daerah kita disebabkan oleh kelompok bahan makanan, maka persedian dan distribusi barang terutama produk pertanian agar mendapat perhatian, dalam rangka pengendalian inflasi yang secara nasional terus dipantau, maka ada 6 aksi yang perlu dilakukan oleh masing-masing daerah. 1. melaksanakan operasi pasar 2. melaksanakan sidak di pasar dan distributor agar tidak menahan barang. 3. kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan 4. gerakan menanam 5. merealisasikan GDT 6. Hubungan transportasi dan APBD terutama daerah-daerah yang di kepulauan.

Baca Juga:  Bupati ROR dan Ibu Ibadah Subuh di GMIM Bumorik

Kedua, penghapusan kemisikinan ekstrim. Pemerintah pusat menargetkan penghapusan kemiskinan ekstrim, diharapkan seluruh kabupaten/kota berperan aktif dalam upaya pencapaian target tersebut. Saat ini BPS melakukan pendataan kembali secara meyeluruh di wilayah provinsi Sulawesi Utara untuk program 1 kartu kemiskinan, dan mengharapakan peran kepala daerah dimasing-masing wilayahnya untk mensupport kegiatan tersebut.

Ketiga, mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan diharapkan masing-masing kabupaten/kota agar melakukan perhitungan secara pasti, kebutuhan pangan diwilayanya. Target kedepan untuk bersama-sama dapat mewujudkan kedaulatan pangan sejalan dengan program pemerintah provinsi, Marijo Ba Kobong.

Keempat, Peningktan Penggunaan Produk dalam negeri untuk menggerakan perekonomian daerah agar memaksimalkan produk-produk UMKM.

Selanjutnya Untuk kelancaran pembangunan agar kita semua dapat berkomitmen, mengoptimalkan hubungan daerah sehingga setiap program dari pemerintah pusat dapat dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Hadir dalam kegiatan, Unsur Forkopimda Sulawesi Utara serta Bupati/Walikota se – Sulawesi Utara.

(ROCKY)

Pos terkait